Pasangan mual setelah berpelukan, apakah hamil?

T Info Penanya: T, Pria, 22 Tahun
dok, saya pernah keluar sperma dengan tiba tiba di dalam celana, setelah itu saya bilas cd dengan air agar hilang dan celana bagian depan namun dengan tangan dan saya pakai kembali tetapi memakainya kebalik (bagian depan di belakang). sekitar _+ 1 jam, saya berpelukan dengan pasangan saya, itu sekitar bulan desember. dan kemudian sabtu kemaren pasangan saya agak mual, tetapi seminggu sebelumnya tetap haid dan tidak telat. Apakah itu gejala Hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, T.
Terima kasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Hamil adalah kondisi yang terjadi saat sel sperma pria masuk ke dalam liang vagina, dan berhasil membuahi sel telur wanita. Memeluk pasangan tanpa melakukan penetrasi tidak bisa membuat hamil. Tapi, jika selain berpelukan, Anda melakukan aktivitas seksual yang menyebabkan masuknya sel sperma masuk ke liang vagina, kemungkinan hamil ada.

Sedangkan untuk sperma, sperma mampu hidup setelah ejakulasi sekitar 20-60 menit. Setelah ejakulasi, paparan udara, cahaya, dan faktor lingkungan akan membuat sperma mengering. Pada permukaan yang menyerap seperti pakaian atau selimut, sperma biasanya tidak bertahan lama dan kecil kemungkinan untuk membuat hamil.

Nah, pada saat hamil, hormon seorang wanita akan berubah dibanding biasanya, yang akan menimbulkan gejala-gejala sebagai berikut:

  • Tidak haid
  • Perubahan bentuk payudara dan puting susu
  • Cepat lemas atau sering lelah
  • Mual dan muntah
  • Ingin makan makanan tertentu (ngidam)

Kemungkinan pasangan Anda hamil atau tidak, ditentukan dari aktivitas apa yang Anda lakukan selain berpelukan, dan apakah Anda melakukan hal tersebut bulan Desember saja atau masih melakukan setelahnya. Sebaiknya Anda meminta pasangan Anda untuk melakukan testpack atau jika masih ragu, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk memastikan kehamilan.

Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh TF
02 Mar 2020, 20:12
Mlm dok.sy mau nnya sy suntik kb yg 1 bln udh hmpir 1 thn tp g dtg bln..seharusnya tgl 9 nnt balik kb lg tp tiba2 tgl 2 koq bs dtg bulan dok..?? Slma kb ini g bs dtg bln
Dibalas oleh T
03 Mar 2020, 20:33
ohh seperti itu dok, pada saat itu saya berpelukan tidak sampai mengenai area miss V nya. dan dia pun masih menggunakan celana lengkap dengan cd, saya tidak pernah melakukan aktivitas apapun selain berpelukan. bulan januari dan februari tetap haid sesuai jadwal. apakah ada kemungkinan sel sperma telah hilang jika di bilas dengan air dan menggunakan sabun.
Dibalas oleh T
03 Mar 2020, 20:51
*tambahanberikut berikutnya tidak pernah sampai mengeluarkan sperma lagi, hanya di bulan desember saja. tetap berpelukan, tetapi sebelum berpelukan tidak pernah sampai mengeluarkan sperma lagi.terima kasih dok, mohon di balas.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Saat hamil muda, calon ibu harus benar-benar memperhatikan pola hidupnya

8 Tips Hamil Muda yang Wajib Diketahui Calon Ibu

Trimester pertama kehamilan seringkali membuat calon ibu was-was, oleh karena itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh calon ibu. Dari mengatur jadwal konsultasi dengan bidan hingga pola makan yang sehat perlu diperhatikan oleh ibu yang sedang hamil muda.