Mual dan sakit perut sebagai gejala apa?

AT Info Penanya: AT, Wanita
Selamat pagi dok , mual sama sakit perut itu gejala apa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AT

Mual dan sakit perut termasuk kelompok gejala dispepsia. Yaitu gejala yang timbul karena ada gangguan di saluran pencernaan. Selain mual dan sakit perut bisa timbul kembung, muntah, mules, diare maupun sulit buang air besar. Paling sering disebabkan akibat iritasi di saluran pencernaan dalam hal ini disebabkan oleh organ lambung.

Coba Anda ingat kapan mulai dirasakan keluhan, dan apa saja yang Anda makan sebelum terjadi keluhan tersebut. Makanan yang paling sering mengakibatkan dispepsia adalah makanan pedas atau asam, makanan berminyak, makanan bersantan atau makanan yang mengakibatkan peningkatan produksi gas dan asam lambung. Minuman juga berperan seperti kopi, teh, soda atau alkohol.

Sebaiknya menghindari makanan atau minuman tersebut di atas agar keluhannya tidak kembali muncul. Saya lampirkan artikel 5 Cara Alami untuk Meredakan dan Mengobati Sindrom Dispepsia yang bisa jadi referensi Anda. Bila keluhan tidak berkurang konsultasi dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam terutama ahli pencernaan (Konsultan Gastroenterohepatologi).

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menurunkan asam lambung dapat dilakukan dengan mengubah gaya hidup seperti makan yang cukup, kurangi minum kopi dan berat badan, mengunyah permen karet, dan hindari bawang mentah.

5 Cara Menurunkan Asam Lambung: Tanpa Obat, Hanya Perlu Niat!

Cara menurunkan asam lambung tanpa obat adalah dengan mengubah gaya hidup seperti makan yang cukup, kurangi minum kopi dan berat badan, dan hindari bawang mentah.