Mual dan muntah tiap pagi. Bagaimana solusinya?

MJ Info Penanya: MJ, Pria, 2019 Tahun
Dok, saya sering kali mual hingga terkadang sampai muntah. Dan mual tersebut hampir setiap hari saya alami, dan juga saya alami setiap pagi pas mandi pagi. Bagaimana solusi nya dok.? Kedokter apa saya harus periksa. Terima kasih dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MJ

Terimakasih atas pertanyaannya.

Mual sampai dengan muntah di pagi hari biasanya terakumulasi dari hari sebelumnya terutama di malam harinya. Faktor yang berpengaruh terutama adalah gaya hidup anda sendiri. Misalnya apakah anda seorang perokok, pencinta kopi, minuman beralkohol atau menyukai makanan yang berbumbu? Karena makanan dan minuman tersebut berpengaruh kepada pencernaan anda. Dalam hal ini fokus kepada lambung anda. Bila terjadi iritasi maka asam lambung akan meningkat, produksi gas juga semakin banyak dan pada akhirnya perut akan kembung disertai mual.

Cara untuk mengurangi tekanan di perut, anda bisa muntah, banyak buang angin atau lebih banyak buang air besar. Biasanya buang air besar akan cair, terasa panas dan tidak berampas. Faktor lain yang berperan adalah keletihan baik fisik atau mental karena dapat meningkatkan faktor stres pada diri anda sehingga keluhannya semakin berat.

Anda dapat konsultasi lebih lanjut dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam untuk tatalaksana selanjutnya. Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Luka pada lambung dan maag dapat menjadi penyebab dari muntah darah

Muntah Darah karena Maag, Apa Penyebabnya?

Muntah darah adalah kondisi muntah bercampur darah atau hanya darah saja. Muntah darah karena maag ditandai dengan warna darah kecokelatan akibat luka pada lambung.