mual dan muntah setiap makan

M Info Penanya: M, Wanita, 32 Tahun
Dokter saya ingin bertanya, bagaimana cara mengatasi mual disertai muntah. Setiap makan selalu muntah, sudah diberi minum air hangat dan freshcare tetap saja muntah setiap kali setelah makan sekitar 10 menit.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore M

Kondisi mual dan muntah terjadi akibat beberapa hal pada saluran cerna, seperti kondisi sindrom dispepsia akibat peningkatan asam lambung, gangguan refluks asam lambung/ GERD yang mengiritasi katup esofagus-lambung, adanya infeksi saluran cerna atau pada perut, gangguan pergerakan lambung dan usus, sedang hamil muda serta akibat komplikasi penyakit sistemik lain (diabetes, tumor, gagal ginjal)

Jika terdapat mual dan muntah yang sering bahkan setelah makan biasanya disebabkan masalah pada lambung. Untuk tatalaksana mungkin anda perlu memeriksakan diri dengan dokter untuk pemberian obat asam lambung golongan PPI, antasida, sucralfat, prokinetik. Konsultasi pada dokter juga dilakukan untuk mengetahui penyebab utama keluhan mual dan muntah sering yang dipengaruhi saat makan dan minum tersebut. 

Saya sarankan anda juga hindari makanan yang terlalu asam, hindari terlambat makan, hindari kopi, alkohol, merokok dan hindari stress.

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Asam lambung naik saat puasa dapat dicegah dengan mengontrol makanan yang dikonsumsi

Asam Lambung Naik Saat Puasa? Cegah dengan 7 Cara Efektif Ini

Saat berpuasa tubuh rentan mengalami asam lambung. Menghindari makanan seperti makanan asam, pedas, dan minuman yang mengandung kafein merupakan cara mencegah asam lambung naik saat puasa.