Mual dan muntah apakah ada indikasi hamil?

MK Info Penanya: MK, Wanita, 2019 Tahun
Dok, saya mual muntah pusing Dan lemas punggung juga sakit serta nafsu makan berkurang, saya KB 3 bulan Dan sebelum suntik saya berhubungan apakah ada indikasi hamil dok? Ini sudah mask di bulan ke 3 KB saya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MK,

KB suntik merupakan salah satu kontrasepsi yang banyak digunakan karena cukup mudah dan tidak perlu dikonsumsi setiap hari. Kb suntik sendiri memiliki kekurangan seperti menimbulkan kenaikan berat badan, menimbulkan sakit kepala, nyeri payudara, gangguan siklus menstruasi ataupun juga memerlukan waktu untuk bisa kembali subur setelah dihentikan penggunannya.

Gejala yang timbul pada diri Anda bisa menjadi tanda kehamilan ataupun bukan, karena gejala tersebut juga bisa disebabkan oleh penyebab lain seperti gangguan pencernaan, infeksi bakteri atau virus dan penyebab lain. Untuk itu jika merasa terlambat haid dan timbul tanda kehamilan, Anda bisa melakukan pemeriksaan awal kehamilan menggunakan testpack atau dengan memeriksakan diri pada dokter untuk memastikan kondisi Anda dan diberi penanganan akan gejala yang timbul.

Jaga pola makan, perbaiki postur saat beraktivitas, makan-makanan yang mudah dicerna, konsumsi lemon atau jahe untuk mengurangi rasa mual dan juga upayakan tidak melewatkan waktu makan dengan mengonsumsi makanan lebih sering dengan porsi kecil. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pusing dan mual dapat disebabkan infeksi saluran pencernaan, diabetes, gangguan telinga, dan kehamilan

Penyebab Pusing dan Mual yang Mungkin Tidak Terpikirkan oleh Anda

Pusing dan mual dapat disebabkan infeksi saluran cerna, diabetes, gangguan telinga, dan kehamilan. Selain itu, pusing dan mual juga dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan yang lebih parah dan membutuhkan penanganan segera. Salah satu penyakit yang menyebabkan pusing dan mual adalah ketoasidosis diabetik. Kondisi ini merpakan komplikasi diabetes melitus yang mengancam nyawa.