13 Jan 2021, 16:44Penyakit Lainnya

Cara mengatasi mual dan lidah yang terasa hambar

AB
Info Penanya: AB, Pria, 18 Tahun
Awalnya penyakit saya panas dari kepala sampai leher, saya ke klinik terdekat agar di kasih obatnya, setelah saya minum obatnya perut saya terasa mual-mual, muntah dan sakit kepala, beberapa hari kemudian saya coba datang ke klinik lainnya agar mendapatkan obat baru, setelah minum obat barunya memang tidak muntah", tapi masih terasa mual-mual dan makan apa saja terasa hambar, sarannya dok untuk makan agar terasa nikmat lagi dan tidak mual-mual lagi. Terimakasih
5028 Views
3 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, A.Saat pnyakit mausk ke tubuh manusia, maka tubuh akan berusahan mengeluarkan dan melawan penyakit tersebut agar tidak menginfeksi lebih jauh. Salah satu proses perlawanan tubuh teradap penyakit menimbulkan suhu yang panas atau demam. Demam ini tidak selalu membutuhkan obat. Demam yang terlalu tinggi dan menimbulkan rasa tidak nyaman dan nyeri kepala daat diberikan obat penurun panas.

Mengapa setelah meminum obat terjadi mual dan muntah ?

Gejala mual dan muntah yang Anda rasakan bisa karena efek dari obat klinik yang dikonsumsi atau memang karena penyakit di tubuh Anda ditambah dengan peningkatan asam lambung yang terjadi. Beberapa obat jika dikonsumsi dalam perut kosong akan menimbulkan rasa mual, rasa mual yang terus menerus akan menimbulkan muntah. Untuk itu, selalu ikuti pentunjuk dan cara minum obat.

Penyebab lain yang dapat menimbulkan mual, muntah dan demam

Penyebab lain yang dapat menimbulkan mual, muntah dan demam antara lain :

Cara mengatasi mual dan lidah yang terasa hambar

Cara mengatasi mual dan lidah yang terasa hambar adalah dengan megobati penyakit penyerta yang ada. Tetap paksakan makan makanan yang bergizi dalam dosis kecil tiap 4 jam. Hindari makananan yang terlalu asam, pedas, mengandung soda, kopi, dan teh. Jangan biarkan perut kosong terlalu lama. Lakukan olahraga secara rutin dan konsisten. Hindari dan kelola stress dengan baik. Pastikan makanan yang dimakan dalam kondisi bersih.Jika keluhan mual, muntah dan demam dirasakan elbh dari 5 hari terlebih demam saat sore menjelag malam hari, lakukan pemeriksaan darah di dokter.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
mualkeracunan makanandispepsia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil