15 Sep 2021, 20:48Perut

Mual dan lapar, apakah efek samping vaksin?

NN
Info Penanya: NN0
Permisi saya ingin bertanya Sudah seminggu saya merasakan mual mual dan perasaan lapar terus menerus padahal saya sudah makan banyak tapi tetap terasa lapar. Tapi saat makan saya merasa mual tapi perut masih sangat terasa lapar. Pada tanggal 30 Agustus saya melakukan vaksin. Apakah itu efek dari vaksin padahal kan saya vaksin sudah sekitar 2 Minggu lebih yang lalu. Lalu bagaimana dokter?
213 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat Pagi NN,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Saat ini pemerintah sedang menggalakkan pemberian vaksin di Indonesia. Pemberian vaksin ini bertujuan untuk memberikan antibodi kepada seseorang. Sehingga jika semakin banyak orang yang di vaksin akan lebiih banyak terbentuk herd imunity sehingga dapat memutus penularan vaksin Covid-19.Setelah vaksin, pada beberapa orang memang akan timbul beberapa efek samping seperti mudah lapar, mengantuk, lemas, sakit kepala, bengkak di bekas suntikan, demam, dll. Namun hal ini biasanya akan berlangsung dalam beberapa hari saja. Berkaitan dengan mual dan lapar pada keluhan Anda, perlu di cari tahu lebih lanjut, apakah memang betul efek samping atau sebab lainnya seperti gejala akan menstruasi, gangguan hormonal seperti tiroid, kelelahan, stres, dll. Mual dan lapar sebenarnya bukanlah keluhan yang berbahaya.

Beberapa cara untuk mengatasi keluhan mual dan mudah lapar :

  • Makan dalam porsi kecil, namun sering, hindari makan terlalu banyak hingga kekenyangan
  • Konsumsi makanan bergizi perbanyak sayur dan buah, banyak konsumsi air putih
  • Hindari makan makanan yang mengandung asam, pedas dan berlemak
  • Hindari konsumsi kafein, soda dan alkohol
  • Olahraga teratur minimal 3-4 kali/minggu
  • Hindari rokok dan pola hidup tidak sehat
  • Konsumsi anti mual jika keluhan mual memberat
Jika keluhan mual dan lapar berlangsung terus menerus, sebaiknya periksakan lebih lanjut ke dokter penyakit dalam atau lakukan konsultasi online chat ke dokter penyakit dalam.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
mualperutvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil