21 Nov 2020, 17:13Kandungan

Efek samping KB suntik 3 bulan

TA
Info Penanya: TA0
Selamat sore dok, dok saya mau tanya. Saya habis melahirkan 1 tahun yang lalu. Dan saya menggunakan kontrasepsi kb suntik 3 bulan. Semenjak saya suntik saya tidak pernah menstruasi, dan bulan 10 kemaren saya baru mentruasi. Sudah 1 bulan lebih mentruasi belum juga berhenti. Apakah ini penyebab dari kontrasepsi suntik 3 bulan dok? Dan gimana solusinya dok? Terima kasih
200 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Selamat sore, TA.Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Perdarahan yang Anda alami dapat disebabkan oleh menstruasi yang memanjang, ketidakseimbangan hormon karena penggunaan KB, infeksi pada servik, kista coklat (endometriosis). Perdarahan terus menerus dapat menyebabkan seseorang mengalami anemia. Hal ini dapat diimbangi dengan meminum suplemen penambah darah, sayuran hijau, hati ayam atau sumber makanan lain yang mengandung zat besi.

Efek samping KB suntik 3 bulan

Ada beberapa efek samping KB suntik 3 bulan, namun hal ini berbeda tiap orang.
  • Perubahan Siklus menstruasi. Siklus menstruasi dapat memanjang atau memendek. 
  • Sulit menentukan masa subur
  • Kenakaian berat badan
  • Timbul jerawat
  • Gairan seksual menurun
  • Nyeri saat menstruasi
Jika keluhan yang Anda alami terus berlanjut, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter untuk pemeriksaan dan penatalaksanaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat."Salam sehat,dr.Lidya Hapsari."
siklus haidkistakontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil