Motivasi untuk turun berat badan

N Info Penanya: N, Wanita, 20 Tahun
Begini, Dok, badan saya terbilang gemuk. Tinggi 152 cm dan berat 60 kg. Saya ingin menurunkan berat badan 18 kg dan saya juga ingin terbiasa hidup sehat. Tapi masalahnya, setiap saya diet atau mulai menjalani gaya hidup sehat, hanya semangat di awal saja. Bagaimana cara saya bisa semangat sampai seterusnya? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu Ns,

Jika dilihat dari perbandingan tinggi dan berat badan yang Ibu sampaikan, maka berat badan yang ideal untuk Ibu adalah 47 kg. Karena itu, sebenarnya ibu hanya perlu mengurangi berat badan sekitar 13 kg untuk mencapai berat badan yang ideal.

Untuk dapat mencapai kondisi berat badan ideal, memang memerlukan semangat dan niat yang stabil. Ibu harus memiliki komitmen yang kuat dari dalam diri dan harus ingat bahwa hidup sehat tidak hanya dapat memberikan keuntungan untuk kesehatan Ibu sekarang tapi juga seterusnya dalam jangka panjang.

Diminggu – minggu awal perubahan gaya hidup, terkadang penurunan berat badan belum terlihat atau bahkan sangat sedikit, misalnya hanya 10 ons. Namun, Ibu dapat menjadikan hal ini sebagai penyemangat diri sendiri. Minta dukungan teman dan orang terdekat supaya program penurunan berat badan yang Ibu jalankan tidak terasa sebagai beban pribadi. Ibu akan heran dengan kejutan dan dukungan positif yang diterima. Jadikan ini juga sebagai bonus yang membesarkan hati.

Tabung uang jajan dan jadikan tabungan ini untuk mendukung hoby yang tertunda seperti mendalami ilmu fotografi, membeli tiket untuk liburan atau perjalanan keliling Indonesia bahkan impian untuk melakukan perjalanan keliling dunia.

Perubahan yang terjadi mengikuti komitmen ini, walaupun kecil misalnya dengan berkurangnya berat badan nantinya akan terasa menyenangkan. Tubuh akan terasa tidak mudah lelah, pakaian yang dipakai menjadi lebih terasa nyaman, kaki terlihat lebih jenjang, wajah terlihat lebih tirus dan lain sebagainya. 

Teruslah memupuk disiplin diri dan komitmen untuk hidup sehat sejak usia muda karena merupakan investasi yang sangat berharga dihari tua nanti. Semoga jawaban di atas dapat membantu dan dapat memotivasi Ibu untuk mempertahankan semangat untuk terus menjalani gaya hidup sehat.

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menu diet keto direkomendasikan mengonsumsi makanan rendah kalori, namun tinggi lemak

10 Makanan Diet Keto yang Wajib Anda Ketahui

Saat menjalani diet keto, Anda direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan rendah kalori, tapi tinggi lemak, serta membatasi karbohidrat. Anda bisa menemukannya antara lain pada keju, sayuran rendah karbohidrat, serta seafood.