Mudah kesal dan marah, apa yang sebaiknya saya lakukan?

AA Info Penanya: AA, Wanita, 21 Tahun
Hallo dok?Kenapa ya saya gampang kesal jika kemauan tdk dituruti/keadaan tidak mendukung contoh kecil saya mau pergi dengan pacar tapi malah hujan terus ga jadi pergi saya bakal marah dan merasa kalau ini salah dia karna dia siap siap nya lama jadi keburu hujanpdahal kalo di pikir lagi hujan kan datang sendiri , terus saya bisa nangis lalu ketawa lagi dalam jarak waktu yg ga lama saya kadang mikir saya ini kenapa? Tapi tanpa ga sadar saya ulangi terus kaya gitu Itu kenapa ya dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, A

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Rasa kesal adalah suatu perasaan marah, kecewa yang wajar terjadi bila seseorang mengalami keadaan yang tidak sesuai rencana atau tidak mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Namun, umumnya kondisi ini bisa segera teratasi dengan mengelola emosi sehingga dapat meredam amarah dan kekesalan akan segera teratasi. 

Tertawa adalah suatu kondisi dimana seseorang mengungkapkan rasa senang atau karena adanya hal-hal lucu. Setiap orang memang mempunyai selera humor yang berbeda-beda, namun perlu dipastikan bahwa terdapat alasan tertetu yang menyebabkan orang tersebut tertawa.

Terkait dengan apa yang Anda rasakan saat ini beberapa saran yang bisa Anda lakukan sementara adalah:

  • Mencoba bercerita dengan orang terdekat bila terdapat masalah
  • Lakukan olahraga ringan 
  • Lakukan hobi
  • Mencoba meditasi atau dengan yoga
  • Berusaha kontrol diri dan emosi
  • Berusaha menerima bahwa tidak semua kondisi bisa Anda kendalikan 

Apabila dengan hal-hal di atas Anda tidak membaik dan keluhan ini sudah Anda rasakan lebih dari 2 minggu serta menggangu kehidupan sehari-hari dan juga kehidupan sosial Anda, atau Anda bingung ingin memulai dari mana, atau Anda ingin mengetahui diagnosis kejiwaan Anda secara pasti, Anda dapat berkonsultasi secara langsung kepada psikolog atau psikiater terdekat.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait