Mood swing dan merasa takut menjalani hari esok

T Info Penanya: T, Wanita, 26 Tahun
Dokter saya ingin bertanya. Saya mudah sekali berubah mood. Istilahnya mood swing. Saya selalu berfikir keras. Merasa takut untuk menjalani hari esok. Keadaan tsb sangat mengganggu saya dan org di sekitar saya. Kadang saya merasa sedih. Lalu tiba tiba marah tiba tiba lucu tiba tiba merindukan sesuatu yg tidak pernah ada. Kadang saya merasa iba pada diri sendiri. Kecewa terhadap org org di lingkungan saya. Apa yg terjadi pd saya ? Dan apa yg harus saya lakukan ? Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang T,

Perubahan mood yang cepat dan drastis apabila sering terjadi tanpa pencetus yang jelas ada baiknya untuk dilakukan pemeriksaan dan evaluasi pada dokter spesialis kejiwaan atau psikolog klinis agar diketahui kondisi yang dialami dan dilakukan penanganan baik konseling dan terapi ataupun pemberian obat untuk mengatasi mood swing tersebut. Penyebabnya bisa karena gangguan yang disebut bipolar ataupun karena gangguan kepribadian.

Perasaan seseorang sendiri dapat sedih atau senang dimana jika lebih dalam dapat menimbulkan kesedihan mendalam atau depresi ataupun jika terlalu senang menimbulkan kondisi yang disebut dengan mania. Jika fase depresif dan mania hilang timbul dengan cepat perlu diindikasikan adanya gangguan bipolar. Dimana pada bipolar pun bisa ada satu fase yang lebih dominan seperti misalnya lebih dominan fase depresif sehingga penderitanya lebih sering merasa sedih, tidak bersemangat, merasa rendah diri, tidak berharga ataupun menimbulkan keinginan menyakiti diri tetapi bisa tiba-tiba menjadi senang atau gembira tanpa sebab jelas.

Kondisi ini dapat dipicu adanya gangguan hormonal di otak, faktor genetik ataupun adanya faktor pencetus dalam kehidupan. Ada baiknya untuk berbagi cerita pada orang terdekat atau orang yang dipercaya agar diberikan motivasi untuk mengatasi masalah yang timbul. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mendeteksi gejala awal bipolar menjadi salah satu langkah awal untuk mencegah bahaya bipolar.

Waspada Bahaya Bipolar yang Terlambat Ditangani

Bipolar adalah gangguan mental yang menyebabkan perubahan suasana perasaan secara ekstrem yang terdiri atas hipomania dan depresi. Gangguan bipolar jarang terdeteksi dan jika terlambat diobati, gangguan bipolar akan memburuk dan membahayakan penderitanya.