Mood berubah-ubah, keinginan menyakiti diri sendiri, bagaimana mengatasinya?

L Info Penanya: L, Wanita, 15 Tahun
Permisi dok,saya berumur 15 tahun, saya tidak yakin apakah ini depresi atau mungkin cuma karena perubahan hormon, tapi mood saya sangat cepat berubah, tapi kadang-kadang misalnya saya merasa sangat tertekan atau sangat kesal saya biasanya meluapkannya dengan cara menangis dan self harm,kalau bukan menyati tangan kadang saya suka mencekik diri saya sendiri, ntah kenapa seperti itu membuat saya lebih tenang. Dan entah kenapa saya selalu merasa capek padahal waktu istirahat saya cukup. Dan terkadang saya merasa seperti "i lost myself" gtu dok dan saya merasa sangat ingin mengisolasi diri dari dunia sosial. Gejala ini saya rasakan sejak tahun lalu,tapi sempat hilang sekitar 1/2 bulan terus ini kejadian lagi.saya muak sama diri saya. Saya harus gimana dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, L

Terima kasih atas pertanyaannya.

Kemungkinan memang gejala depresi, karena perubahan mood lumrah pada wanita tapi tidak sampai ingin melukai diri sendiri. Pada wanita faktor hormon memang berperan, sehingga kadang emosi tergantung dari tanggalan siklus haid anda. Apakah ada peristiwa penting dalam setahun yang lalu. Misalnya suatu trauma, kecelakaan, perpisahan, meninggalnya seseorang, karena semua itu bisa menjadi pemicu awal kesedihan anda. Sayangnya anda tidak menghadapi kesedihan dengan baik sehingga berlarut-larut menjadi gejala depresi. Depresi dengan keinginan menyakiti diri sendiri sudah perlu intervensi. Bisa secara professional dengan dokter atau psikolog.

Sebaiknya anda membuka diri pada lingkungan. Kepada orang tua, teman dekat, atau pada pasangan. Curhat atau minta tolong pada mereka. Cari aktivitas yang membuat mood anda senang, misalnya hobi, olahraga, atau yoga. Dengan menjadi bagian dari lingkungan sekitar anda akan merasa lebih berperan dan lebih baik secara keseluruhan. Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

L
20 Aug 2019, 14:13
Terima kasih dok:)
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan Kepribadian Ganda dan Gangguan Bipolar Ternyata Tak Sama

Gangguan Kepribadian Ganda dan Gangguan Bipolar Ternyata Tak Sama, Ini Perbedaannya

Gangguan bipolar dan gangguan kepribadian ganda adalah ganggguan kejiwaan dan memiliki gejala yang mirip. Meski begitu, ada beberapa perbedaan kunci dari kedua kondisi mental ini. Kepribadian atau identitas berbeda yang dimiliki oleh penderita gangguan ini, sering disebut sebagai ‘alter’.