Kenapa merasa dikucilkan?

S Info Penanya: S
Umur saya masih 12 thn, dan saya sering merasa kalau saya diciptakan hanya untuk menderita, orang tua saya juga sering melarang saya melakukan hal2 yg saya suka.Saya sering menangisi nasib saya dan sering berhalusinasi kalau saya bukan bagian dari keluarga ini, dan saya punya keluarga yg sayang sama saya.Saya pernah searching kalau saya menderita penyakit mental, dan alhasil orangtuaku malah ketawain dan bilang lebay, dan malah jadinya saya makin benci sama mereka.Mereka terlalu ngatur saya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam S,

Usia pubertas adalah usia yang sangat rawan, karena mudah terjadi perubahan emosional, dan mudah terpengaruh oleh faktor lingkungan sekitarnya.

Lingkungan sekolah, teman, dan keluarga sangat berperan penting untuk terbentuknya kepribadian pada seseorang. Adanya hubungan yang kurang harmonis akan menimbulkan berbagai perasaan yang tidak menentu, mulai dari perasaan tidak berguna, tidak berdaya, banyak kekangan, dan seperti dikucilkan.

Kondisi akan diperparah bila kedua orang tua sibuk dengan pekerjaannya dan tidak memiliki waktu luang untuk mendampingi anak-anaknya selama fase-fase perkembangan mental ini. Anak akan cenderung mencari pelarian ke hal-hal lain, yang seringkali berdampak negatif.

Sementara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi perasaan tersebut adalah:

  • Coba berbagi cerita dengan saudara yang lebih tua atau orang lain yang dituakan, misal dengan guru, nenek.
  • Cari kesibukan yang bermanfaat misal kursus bahasa asing.
  • Hindari menonton hiburan yang tidak mendidik.

Sebaiknya Anda berkomunikasi dengan orang tua mengenai masalah yang Anda rasakan, agar bisa dibawa ke psikolog untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Eustress diperlukan untuk meningkatkan motivasi Anda dalam mencapai tujuan

Eustress: Stres Positif yang Membuat Hidup Lebih Baik

Stres tidak selamanya merupakan suatu hal yang buruk, karena stres positif atau eustress justru sangat penting dalam kehidupan Anda! Eustress membantu Anda untuk merasa termotivasi dan tertantang untuk meraih tujuan yang ingin dicapai.