Nyeri saat BAK, apa saja penyebabnya?

Q Info Penanya: Q, Wanita
Halo dok.saya berhubungan untuk pertama kali itu sekitar seminggu yg lalu.terus di hari ke3 ,disaat saya ingin BAK terasa sakit di akhir,lalu setelah sehari sehabis itu sudah mulai mereda karena saya banyak minum air putih,trs dihari berikut saya sudah sering kebelet,dan disaat terakhir BAKterasa seperti masih ada tertinggal.sakit sih,tapi sakitnya biasa saja,dan cuma 1 detik,dan saya harus menunggu berapa detik untuk menghilangkan rasa ingin BAK.tapi vagina saya terasa tidak nyaman setelah itu.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, Q.

Buang air kecil adalah proses berkemih atau mengeluarkan urine, yang terjadi secara alami di dalam tubuh manusia. Dalam sehari, rata-rata manusia berkemih 4-8 kali. Urine yang dikeluarkan berasal dari makanan dan minuman yang diminum, yang dimetabolisme dahulu oleh saluran kemih. 

Seseorang bisa mengalami gangguan berkemih seperti nyeri, tidak tertahan, terputus-putus, atau anyang-anyangan. Gangguan berkemih bisa terjadi pada ginjal, saluran kemih atas (ureter), kandung kemih, ataupun saluran kemih bawah (uretra); yang disebabkan oleh infeksi, gangguan metabolisme urine, ataupun peradangan.

Terkait kondisi yang Anda alami, yaitu nyeri berkemih, biasanya disebabkan oleh:

  • Cystitis, yaitu peradangan pada kandung kemih. Cystitis sering terjadi pada pasangan yang baru menikah, sehingga sering disebut dengan 'honeymoon cystitis'.
  • Uretritis, yaitu peradangan pada uretra
  • Batu saluran kemih, yang bisa terjadi di bagian manapun saluran kemih
  • Luka dekat muara uretra (lubang kencing), yang disebabkan karena gesekan dengan celana dalam yang terlalu ketat

Anda dapat melakukan beberapa hal ini di rumah:

  • Minum air putih yang cukup
  • Hindari minuman manis dengan gula buatan, kopi, atau teh untuk sementara waktu
  • Mengonsumsi cukup sayur dan buah-buahan, kurangi dulu protein hewani (daging, ikan, telur dan ayam) karena mampu memperberat fungsi ginjal
  • Apabila pekerjaan mengharuskan Anda untuk duduk lama, berdirilah dan berjalan-jalan kecil setiap 30 menit 

Jika keluhan Anda tidak kunjung menghilang, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis urologi. Dokter akan mencari tahu penyebab penyakit Anda, kemudian memberikan solusi yang tepat untuk keluhan Anda.

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ, semoga apa yang disampaikan bermanfaat.

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rasa enggan pipis di toilet umum bisa jadi salah satu pemicu susah buang air kecil

Penyebab Susah Buang Air Kecil: Dari Penyakit Hingga Obat-obatan

Susah buang air kecil tak hanya meliputi sulit memulai pengeluaran urine, tapi juga kesulitan dalam mempertahankan aliran urine. Gangguan ini biasa dialami kelompok lanjut usia, namun juga bisa terjadi pada pria dan wanita dari semua usia. Contohnya sebagai gejala dari berbagai kondisi medis.