12 Sep 2021, 02:04Kandungan

pusing dan terlambat haid, apakah hamil?

NA
Info Penanya: NA0
Selamat malam dok... Saya mau nanya.. saya terakhir haid itu tanggal 5 bulan kemarin dan haidnya lebih dari 1 Minggu lalu bulan ini saya saya belum haid sampai hari ini. Keluhan yang saya miliki cuman pusing tanpa mual dan tanda tanda lainnya.. itu gimana ya dok? Apakah bisa dikatakan saya hamil atau tidak ya?
85 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo N,Pusing dapat terjadi karena berbagai sebab dan bisa saja berhubungan dengan kondisi keterlambatan haid Anda namun bisa juga tidak berhubungan. Pusing dapat terjadi karena terlambat makan, kelelahan, bahkan hanya karena kepanasan sehingga tidak dapat dijadikan patokan terhadap adanya kehamilan. Terlambat haid pada wanita sering dikaitkan dengan adanya kehamilan, padahal keluhan ini bukan tanda pasti kehamilan.

Tanda pasti dari kehamilan

  • Test pack positif
  • Pemeriksaan USG kandungan tanpak ada kantung kehamilan
  • Hasil pemeriksaan oleh dokter
Selain karena kehamilan, terlambat haid juga bisa terjadi karena perubahan berat badan yang terlalu cepat, ketidak seimbangan kadar hormon dalam tubuh, stres, penggunaan KB, dan juga penyakit pada organ reproduksi. Untuk itu jika Anda memiliki riwayat hubungan seksual tanpa menggunakan KB dan curiga terjadi kehamilan silakan melakukan tes kehamilan. Jika hasilnya negatif dari 2x pemeriksaan dengan jarak 1minggu, artinya keterlambatan haid tidak disebabkan kehamilan.Jika dalam 90hariAnda tidak haid namun juga tidak hamil, silakan lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter spesialis kandungan terdekat.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
siklus haidtes kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil