Nyeri gigi saat memakai behel

SF Info Penanya: SF
Assalamualaikum dok, saya mau bertanya3 gigi saya ditambal sementara. Tapi sesudah ditambal sementara beberapa bulan kemudian saya langsung dibehel. Pas awal awal dibehel ga sakit, tapi lama kelamaan kok sakit yaa dok? Tambalan nya terasa sakit Tindakan apa yang harus saya lakukan dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SF.

Nyeri gigi adalah kondisi tidak nyaman yang dirasakan pada gigi. Kondisi ini paling sering disebabkan oleh gigi berlubang, abses gigi, maupun penyakit gigi lainnya. Nyeri gigi dapat berulang pada gigi yang sama, baik sebelum maupun setelah diobati.

Biasanya, gejala nyeri gigi bisa menjalar ke bagian wajah lainnya, seperti kening, pipi, maupun telinga. Skala nyeri biasanya sedang sampai berat, sehingga seseorang yang mengalami nyeri gigi biasanya akan merasa terganggu dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Terkait kondisi yang Anda sampaikan, untuk sementara Anda dapat mencoba berkumur air garam agar nyeri berkurang. Selain itu, Anda juga bisa mengompres pipi dengan handuk dingin. Atau, konsumsilah bahan-bahan alami atau obat golongan antinyeri yang dijual bebas seperti parasetamol sesuai dosis.

Ketika nyeri sudah menghilang, sebaiknya Anda segera periksakan ke dokter gigi. Dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap gigi yang nyeri, apakah tambalannya lepas, berlubang lagi, atau ada hal lainnya. Dokter akan menambal gigi apabila bisa dilakukan, atau mungkin akan mencabutnya dan merapikan ulang behel yang Anda gunakan.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat, 
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu gejala karies gigi adalah gigi berubah warna menjadi cokelat atau kehitaman

Deteksi Karies Gigi Sejak Dini dan Ketahui Cara Mengatasinya

Karies gigi dapat diatasi dengan mudah dan lebih murah jika terdeteksi secepat mungkin. Salah satu gejala karies gigi adalah sebagian gigi Anda berubah warnanya menjadi cokelat atau hitam. Selain itu, apa saja gejala yang dapat Anda kenali?