Mohon bantuannya dok, saya sangat tertekan

XM Info Penanya: XM, Pria, 2019 Tahun
Saya punya penyesalan yang dalam terhadap diri saya yang dulu seperti maas dan suka menhabiskan waktu dengan percuma, sehinnga saya sekrang menyadari saya ingin berubah tapi saya masih di hantui penyesala saya ketika dulu, sampai sekarang saya selalu berfikir negatif, terlalu cemas akan masa depan, merasa saya tidak berguna, tidak suka bersosialisasi, bahkan saya tidak tertarik lagi dengan hobi saya sendiri dan saya takut pikiran itu mempengaruhi hidup saya kedepannya. Mohon bantuannya saya sangat tertekan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi X,

Keluhan psikis dapat dialami oleh siapa saja dimana dapat dipicu oleh beragam hal seperti stres yang menumpuk, kondisi sosial, kondisi ekonomi, kejadian masa lalu yang masih menghantui dan lainnya. Tidak jarang kondisi tersebut tidak mampu diatasi dengan baik dan menimbulkan gangguan secara psikis dan juga menimbulkan keluhan fisik.

Stres yang berlebih dapat membuat seseorang mengalami depresi dimana dapat menimbulkan beberapa gejala seperti merasa tertekan, suasana hati yang sedih atau murung, merasa kelelahan, merasa tidak berharga, menarik diri dari pergaulan, kehilangan minat melakukan aktivitas sehari-hari ataupun kehilangan minat pada kegiatan yang disenangi sebelumnya, menjadi sulit berkonsentrasi, mengalami gangguan tidur dan juga dapat menimbulkan keinginan untuk menyakiti diri.

Apabila hal ini terjadi dan mengganggu aktivitas sehari-hari ada baiknya untuk membicarakan hal yang dialami pada orang terdekat dan dipercaya agar membantu melegakan perasaan dan membantu mengatasi penyebabnya, selain itu Anda juga dapat meminta bantuan pada profesional seperti dokter ahli psikatri ataupun psikolog dimana nantinya akan dilakukan evaluasi dan penanganan yang sesuai baik melalui konseling ataupun pengobatan. Tetap upayakan untuk berpikir positif, tetap menjalankan rutinitas dan hobi, cukup beristirahat, mendekatkan diri secara rohani, dan alihkan perasaan depresi serta hadapi pikiran negatif yang timbul. Semoga bermanfaat.

Salam sehatQ,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu perbedaan psikolog dan psikiater adalah dalam cara menangani pasien

Sudah Tahu Perbedaan Psikolog dan Psikiater?

Gangguan psikologis perlu untuk segera ditangani karena berdampak pada kehidupan sehari-hari penderitanya. Salah satu caranya adalah dengan mengunjungi psikolog atau psikiater. Namun, perbedaan psikolog dan psikiater tidak hanya sekedar dari wewenang pemberian resep obat saja.