Bagaimana ciri orang yang membutuhkan psikolog atau psikiater?

AP Info Penanya: AP, Wanita, 1 Tahun
Assalamualaikum Dok Apa ciri ciri orang yang sedang membutuhkan doktet psikolog, psikiater dan atau sejenisnya?. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AP.

Psikolog adalah profesi dimana seseorang menguasai ilmu psikologi. Sedangkan psikiater atau dokter spesialis jiwa adalah profesi dimana seorang dokter menangani masalah gangguan jiwa, ringan maupun berat. Kedua profesi ini dapat melakukan pendampingan bagi orang-orang yang memiliki gangguan mental atau kejiwaan.

Orang-orang yang membutuhkan kedua profesi tersebut adalah mereka yang memiliki gangguan mental. Ada sangat banyak sekali gangguan mental, misalnya depresi, post trauma stress disorder, gangguan bipolar, gangguan kepribadian, obsessive compulsive disease, dan lain sebagainya. Semua gangguan tersebut memiliki ciri yang berbeda.

Bahkan, ada pula gangguan jiwa yang tidak terlihat, karena orang yang mengalaminya tampak baik-baik saja. Oleh karena itu, jika Anda mencurigai seseorang membutuhkan pendampingan atau konseling dari psikolog dan psikiater, sebaiknya Anda tanyakan langsung kepada orang tersebut.

Dengan berkomunikasi langsung, Anda dapat mengetahui beban psikologis orang tersebut. Ada beban yang dapat dipikul sendiri dan dapat diselesaikan dalam waktu cepat, misalnya masalah deadline pekerjaan atau pertengkaran kecil dengan teman. Ada pula beban yang berat dan sebaiknya diselesaikan dengan pendampingan yang lebih ahli, misalnya jika sudah menarik diri dari lingkungan sosial, atau mencoba bunuh diri.

Jadi, berbagilah dengan orang tersebut agar memahami secara jelas, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita anorexia nervosa berusaha menurunkan berat badannya dengan cara ekstrem.

Terobsesi dengan Berat Badan Jadi Penyebab Anoreksia Nervosa

Anoreksia nervosa adalah gangguan makan yang dapat membahayakan penderitanya. Umumnya, penderita anoreksia nervosa sangat terobsesi untuk menurunkan berat badannya secara ekstrem. Penyebab anoreksia merupakan kombinasi dari beberapa faktor kepribadian, biologis, dan lingkungan.