Nanas dan jahe, apakah digunakan untuk menunda kehamilan?

DY Info Penanya: DY, Wanita, 22 Tahun
Haloo dok, kalau berhubungan dan sperma dikeluarkan diluar apakah bisa mempengaruhi hamil tidaknya dan setelah itu organ intim segera dibasuh air. Lalu apakah buah nanas dan jahe merupakan salah satu cara agar mencegah hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang D

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Nanas adalah salah satu buah yang mudah ditemukan di Indonesia sebagai negara tropis. Nanas memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti, melancarkan pencernaan, menambah kesuburan, kaya akan anti oksidan untuk mencegah kanker, memiliki potensi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan lain sebagainya. 

Jahe adalah salah satu rempah yang kerap kali digunakan sebagai tanaman obat karena memiliki banyak manfaat. Adapun beebrapa manfaat dari jahe bagi kesehatan adalah, membantu meredakan mual bagi ibu hamil, membantu mengatasi peradangan, membantu mengurangi rasa nyeri, dan lain sebagainya. Terkait dengan pertanyaan Anda, nanas dan jahe tidak bisa mencegah kehamilan. 

Adapun beberapa cara untuk menunda mencegah diantaranya adalah:

  • Metode senggama terputus, ketika melakukan hubungan seksual pria melakukan ejakulasi diluar vagina
  • Metode kalender, melakukan hubungan seksual ketika wanita tidak sedang dalam masa subur. Kondisi ini harus dipastikan bahwa wanita memiliki siklus haid yang teratur
  • Penggunaan kondom, selain untuk menunda kehamilan kondom juga berfungsi untuk melindungi diri dari penyakit menular seksual
  • Penggunaan KB hormonal, seperti suntik KB, pil KB, KB implan dan lain sebagainya
  • KB steril, dengan vasektomi

Jika pada saat melakukan hubungan seksual, tidak dilakukan ejakulasi di dalam vagina maka tidak ada sel sperma yang bertemu dengan sel telur wanita. Sehingga tidak terjadi pembuahan yang menyebabkan kehamilan. Bila Anda berencana menunda kehamilan, sebaiknya lakukan pemeriksaan dan konsultasi ke dokter spesialis kandungan terdekat.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Vasektomi umumnya dilakukan untuk mencegah kehamilan

Vasektomi dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Seksual Anda

Vasektomi adalah kontrasepsi pada pria dengan memotong saluran sperma. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kehamilan. Berikut berbagai hal mengenai vasektomi yang harus Anda perhatikan.