02 Mar 2021, 19:49Penyakit Lainnya

Mitos atau fakta lebih baik makan buah sebelum makan?

P
Info Penanya: P0
Dokter, apa benar lebih makan buah sebelum makan dibandingkan setelah makan?
238 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat Malam POBuah merupakan salah satu sumber makanan yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh karena mengandung berbagai nutrisi dan aktioksidan di dalamnya. Ada beberapa argumen yang memperdebatkan kapankah waktu yang tepat untuk makan buah, apakah lebih baik sebelum makan atau setelah makan.

Mitos Makan Buah Sebelum Dan Setelah Makan

Ada mitos yang mengatakan bahwa makan buah lebih baik dalam perut kosong agar penyerapannya cepat dan optimal. Bila mangkonsumsi buah setelah makan, maka buah-buahan akan mengendap di lambung dan mengalami proses fermentasi sehingga dapat membuat sakit perut, perut kembung atau sendawa.Faktanya tidak ada waktu khusus untuk mengkonsumsi buah. Proses fermentasi pun tidak terjadi di dalam lambung tetapi di usus dimana proses tersebut diperlukan bagi bakteri baik untuk berkembang dan membantu pencernaan.

Waktu Yang Tepat Makan Buah

Baik dikonsumsi sebelum atau setelah makan, buah-buahan ini akan diserap dengan baik oleh tubuh. Yang perlu anda perhatikan adalah mengenai kalori dan porsi makanan dan buah yang anda konsumsi dalam sehari apakah mencukupi atau malah berlebihan. Anda juga bisa memberi jeda beberapa waktu setelah makan sebelum mengkonsumsi buah bila anda merasa kenyang. Anda juga bisa mengkonsumsi buah beberapa jam sebelum makan atau sebagai kudapan/selingan/snack untuk menunda rasa lapar atau menahan lapar yang berlebihan saat diet menurunkan berat badan.Semoga bermanfaat Salam Sehatdr. Pany CL
makanan sehattips kesehatandiet sehatbuah dan sayuran
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil