Nyeri pada miss V dan anyang-anyangan, apakah ISK?

MA Info Penanya: MA
Selamat malam dok , Istri saya sakit luar biasa pada bagian miss V nya , dan saat pipis cuman sedikit, namun pengen pipis terus , agar redam rasa sakit nya gimana yaa dok? Mau ke dokter cuman sudah malam dan gk tahan dengan rasa sakitnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, MAP.

ISK adalah singkatan dari infeksi saluran kemih, yaitu kondisi dimana terjadinya infeksi pada ginjal, ureter, kandung kemih, maupun uretra. Biasanya, gejala ISK adalah gangguan berkemih, seperti nyeri buang air kecil, jumlah urine lebih sedikit, anyang-anyangan, maupun rasa tidak tuntas pasca berkemih.

Pada penderita ISK, sangat disarankan untuk mengonsumsi air putih yang cukup dan menghindari minuman bersoda, berkafein, serta beralkohol. Untuk meringankan nyeri, sementara bisa konsumsi obat antinyeri yang dijual bebas, seperti parasetamol sesuai dosis. Tetapi, apabila tak kunjung membaik atau ISK disertai dengan demam, maka sebaiknya diperiksakan secara langsung kepada dokter spesialis urologi. 

Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang dibutuhkan, misalnya laboratorium urine lengkap, USG perut, foto polos abdomen, ataupun CT scan urologi jika dibutuhkan. Dengan demikian, akan ditegakkan diagnosis pasti dari penyakit istri Anda. Jika benar ISK, biasanya akan diberikan obat-obatan antinyeri dan antibiotik.

Tetapi, selain ISK, ada kemungkinan rasa anyang-anyangan yang disertai dengan nyeri vagina bisa disebabkan oleh batu uretra. Jika penyebabnya batu, maka penanganan akan tergantung dari ukurannya. Batu ukuran kecil biasanya dipantau secara konservatif dengan harapan akan keluar sendiri, sedangkan batu berukuran besar biasanya dilakukan tindakan ESWL atau bedah terbuka.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kencing berdarah bisa disebabkan oleh banyak faktor

Kenali Penyebab Kencing Berdarah dan Cara Mengobatinya

Kencing berdarah bisa disebabkan oleh berbagaimacam faktor, mulai dari kondisi yang tidak serius hingga penyakit yang berbahaya untuk kesehatan tubuh.