22 Sep 2020, 11:01Kulit & Kelamin

Vagina gatal dan beruntusan, apakah obat gatal untuk badan boleh digunakan ?

ML
Info Penanya: ML, Wanita, 30 Tahun
Dok, usia saya 31thn. Di pinggir vagina dan pinggir anus terasa gatal dan saya lihat seperti bruntusan kecil2 gitu dok. Tp gatal tidak selalu terasa setiap saat, kdg gatal kdg tidak. Sebelum ini saya mengalami seperti ada bercak putih di vagina saya,namun keputihan saya tdk berbau dan tdk banyak, tp skrg sdh hilang. Setelah itu muncul bruntusan gatal ini dok. Kondisi sy skrg sdg menstruasi. Ini knp ya dok? Apa mencukur bulu trllu pendek jg penyebab? Apa obat gatal utk bdn boleh utk area vagina?
850 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat pagi, ML.Vagina gatal merupakan keluhan yang dapat terjadi karena berbagai penyebab yang umumnya berhubungan dengan iritasi, alergi, infeksi dan penyakit tertentu. Keadaan gatal pada vagian dapat disebabkan oleh faktor yang bersifat ringan hingga yang lebih serius.

Adapun berbagai faktor penyeban vagina gatal yang meliputi :

  • alergi bahan atau produk tertentu
  • infeksi jamur
  • infeksi bakteri khususnya vaginosis
  • lichen sclerosus atau munculnya bercak-bercak putih yang menyebabkan radang
  • penyakit menular seksual seperti trikomoniasis
  • penyakit menular seksual lainnya seperti klamidia, gonore, kutil kelamin dan lain-lainnya
  • keganasan atau kanker
Mengenai vagina gatal yang Anda alami jika disertai dengan riwayat timbulnya bercak putih mungkin terjadi karena infeksi jamur atau dapat pula karena kodisi lichen sclerosus. Namun untuk memastikan faktor penyebab pada Anda, diperlukan pemeriksaan secara langsung yang dilakukan lebih lanjut. Perihal obat gatal badan yang Anda tanyakan, sebaiknya tidak digunakan pada area kelamin karena dapat menimbulkan iritasi. Pasalanya kelamin merupakan area yang sensitif dan umumnya membutuhkan penangan yang berbeda dengan area kulit di bagian tubuh lainnya.Sebagai gantinya, Anda dapat mengatasi keluhan gatal dengan menggunakan air yang telah diberi soda kue, mengonsumsi yogurt dan menghindari pakaian dalam yang tidak menyerap keringat. Jika keluhan tidak kunjung membaik dalam beberapa hari kedepan, ada baiknya untuk memeriksakan diri pada dokter Kulit dan Kelamin.Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
vagina gatalkandidiasis vaginakesehatan vagina
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil