miss v keluar bercak darah bersamaan dengan keputihan

A Info Penanya: A, Wanita, 23 Tahun
Selamat mlm,saya mw nanya kalo dari miss v itu keluar bercak darah barengan sama keputihan,tapi tidak ada ras nyeri,itu knapa ya dok,kadang timbul rasa gatal juga,obatnya apa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam A

Keputihan bercampur bercak darah dapat terjadi akibat beberapa hal seperti sebelum atau pasca menstruasi, sedang hamil, tanda akan mengelami keguguran, efek samping kontrasepsi IUD, pasca berhubungan sex, infeksi radang panggul, infeksi vaginitis dan infeksi menular seksual.

Jika tidak sedang hamil atau hasil test pack negatif, tidak sedang menggunakan kontrasepsi, maka keputihan bercampur darah yang gatat dapat disebabkan infeksi radang panggul, infeksi vaginitis atau infeksi menular seksual. 

Saya sarankan agar anda menjaga kebersihan vagina, menghindari penggunaan sabun cebok vagina karen dapat memicu hilangnya flora normal disekitar kelamin dan meningkatkan pertumbuhan bakteri. Jika terdapat riwayat kontak seksual berganti pasangan beresiko maka sebaiknya menghindari hal tersebut karena dapat keputihan bercampur darah dapat menjadi tanda infeksi klamidia, gonorhea dan sipilis. 

Untuk itu anda sebaiknya juga berkonsultasi dengan dokter spesialis kandunga Sp.OG untuk tatalaksana penyebab keputihan darah dan gatal. Jika terdapat infeksi radang panggul, vaginitis atau infeksi menular seksual maka perlu mendapatkan antibiotik tertentu. 

Salam sehat

dr.Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

tekanan darah ibu hamil yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada bayi

Ini Nilai Tekanan Darah Normal dan Tidak Normal pada Ibu Hamil

Tekanan darah normal pada ibu hamil adalah berkisar 120/80 mmHg. Jika terlalu tinggi, dapat mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada bayi, kerusakan organ tubuh, hingga penyakit jantung.