Miss V gatel-gatel dan benjolan nyeri di sekitarnya? Sering kencing dan nyeri? Apa penyebabnya?

S Info Penanya: S, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya mau bertanya beberapa hari ini mis v saya sering gatel2 gitu tapi habis itu mis v saya kyk ada benjolan banyak di sekitar mis v saya dan itu rasanya nyeri trs kalau mau kencing itu sakit banget rasanya dan yang biasanya saya itu kencing gk terlalu sering ini malah rasanya mau kencing terus ini penyakit apa ya dok? Parah atau tidak? dan saya ini masih remaja blm pernah berhubungan dari yang saya liat di google semuanya di sebabkan karna berhubungan intim jadi saya bingung hehehe mohon di jawab ya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, S

Terima kasih atas pertanyaannya.

Kemungkinan anda mengalami peradangan pada kulit sekitar vagina yang memilki folikel rambut. Folikel adalah kantung tempat rambut tumbuh. Biasanya akibat infeksi bakteri atau jamur. Terdapat di seluruh tubuh kecuali telapak tangan, kaki dan bibir. Tandanya dengan muncul benjolan kecil kemerahan atau seperti jerawat. Menyebabkan rasa gatal dan perih. Penyebabnya seperti bakteri, iritasi atau jamur. Bila peradangan bertambah bisa mengakibatkan bengkak dan nyeri.

Pengobatannya tergantung dari tipe dan tingkat keparahannya, sebaiknya konsultasi dengan Dokter Spesialis Kulit agar anda mendapat terapi yang tepat dan termonitor. Pada kasus ringan bisa dengan kompres menggunakan kain hangat, jangan dicukur sampai gejala berkurang, dan menggunakan sabun anti bakteri saat mandi. Jaga kebersihan diri, hindari memakai pakaian ketat agar tidak terjadi gesekan kulit dan pakaian. 

Sedangkan nyeri pada kencing biasanya akibat iritasi saluran kemih akibat infeksi. Untuk lebih jelasnya anda dapat membaca artikel mengenai infeksi saluran kemih dan cara mengobatinya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi saluran reproduksi pada wanita memiliki beberapa tanda-tanda yang perlu diketahui

7 Tanda Infeksi Saluran Reproduksi, Nomor 4 Banyak Dialami Wanita!

Infeksi saluran reproduksi pada wanita memiliki beberapa tanda yaitu keputihan abnormal, gatal pada kelamin, nyeri perut bagian bawah, nyeri menstruasi, ruam di selangkangan.