Nyeri vagina dan perut kencang pada kehamilan 7 bulan kenapa?

DR Info Penanya: DR, Wanita, 26 Tahun
Halo dok.mau tanya sya hamil 7bulan jalan 8bln..miss v itu kalau bangun tidur atau pindah posisi tidur kok nyeri ya dan perut bagian kanan it sering kenceng.knapa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, DR.

 


Nyeri pada vagina Ketika hamil tua umumnya dirasakan pada semua ibu hamil. Hal ini terjadi akibat adanya tekanan dari pertumbuhan janin yang semakin besar dan mulai masuk rongga panggul. Selain itu perut kencang juga dapat dirasakan, hal ini kita kenal dengan kontraksi palsu dimana terjadi akibat rahim sudah mulai mempersiapkan keadaan untuk persalinan.

Terkait dengan keluhan yang sedang Anda alami nyeri vagina wajar terjadi pada kehamilan diatas 7 bulan, sedangkan rasa kencang di perut ini merupakan kontraksi palsu yang harus Anda ketahui sampai mendekati masa persalinan, Anda juga harus memperhatikan apakah nyerinya datang setiap beberapa menit dan apakah nyerinya semakin kuat. Jika kontraksi yang Anda rasakan sudah semakin kuat dan disertai adanya lendir darah maka sudah saatnya Anda konsultasi dengan dokter spesialis kandungan.

Sementara Anda dapat mencoba beberapa cara berikut ini untuk meringankan gejala:

  • Banyak minum air putih agar tidak dehidrasi
  • Hindari menunda kebutuhan ke toilet
  • Mencari posisi yang nyaman
  • Berendam di air hangat agar tubuh menjadi relaks
  • Melakukan senam hamil atau yoga

 

Semoga bermanfaat, terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ.

Salam Sehat, 

 

dr. Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ukuran lingkar lengan atas menggambarkan lapisan lemak di bawah kulit dan jaringan otot yang menjadi indikator status nutrisi orang dewasa

Lingkar Lengan Atas, Indikator Penting Sebelum Jadi Bumil

Ukuran lingkar lengan atas ternyata dapat menjadi indikator status nutrisi orang dewasa. Lingkar lengan atas wanita usia subur di Indonesia setidaknya harus berukuran 23,5 cm sebelum hamil.