miopia bertambah menjadi silinder

I Info Penanya: I, Pria, 2019 Tahun
Dok, saya punya kelainan mata.Sy penderita mata miopia kemudian bertambah menjadi mata silinder.Miopia saya minus 600. Namun saat ini keadaan mata kiri saya sudah parah.Walaupun memakai kacamata, mata sy tidak bs membaca tulisan. Bentuk tulisannya seperti bergelombang, kabur, tumpang tindih dan melengkung2 begitu terutama penglihatan bagian atas. Apa yg terjadi dgn mata sy ya? Terus apa ada hubungannya dengan kebutaan praktis? Mohon pencerahan dan solusinya dok.Terima Kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi I

Miopia atau mata minus membuat seseorang sulit melihat jauh akibat kelainan refraksi mata dimana sinar yang masuk ke mata berada didepan retina sehingga pandangan akan terlihat kabur. kelainan miopia dengan kekuatan lensa koreksi >6.00 maka dikatakan miopia berat.

Sementara mata silinder atau astimatigma terjadi saat sinar yang masuk dimata difokuskan tidak pada satu titik melainkan beberapa titik, bisanya membuat penglihatan bergelombang melengkung dan garis menjadi tidak lurus. 

Kondisi yang anda alami adalah astimatigma miopia bersamaan. Untuk koreksi penglihatan dapat menggunakan kombinasi lensa silinder dan spheris/minus.

Pada kelainan refraksi (miopia> 6.00 D, hiperopia> 3.00 D, astigmatisme >3.00 D) dikaitkan dengan perubahan mata patologis, pasien yang sangat rabun memiliki peningkatan insiden penipisan retina, degenerasi retina perifer, terlepasnya/ detachmen retina, katarak, dan glaukoma yang dapat menyebabkan kebutaan. 

Saya sarankan anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis mata (Sp.M) untuk mendapatkan tatalaksana koreksi mata minus dan silinder anda. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sumber vitamin A baik untuk mata minus anak

Atasi Rabun Jauh Anak dengan 5 Vitamin Ini

Beberapa kebiasaan anak dapat menyebabkan anak mengalami rabun jauh, salah satunya adalah bermain gadget atau game di komputer. Beberapa vitamin dapat membantu anak anda jauh dari mata minus atau rabun jauh. Vitamin C, A, E, B3, dan B2 dapat mengatasi rabun jauh.