Miom atau kista, mana yang lebih berbahaya?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Hi dok, saya ingin bertanya apa sih perbedaan miom dan kista? Apakah keduanya berbahaya dan mematikan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Kista dan mioma ovarium merupakan 2 jenis tumor jinak pada organ reproduksi wanita. Perbedaan kista dan mioma ovarium dapat di kenali berdasarkan bentuk dan letaknya. Kista ovarium merupakan kantung yang berisi cairan yang tumbuh di ovarium atau indung telur. Mioma merupakan pertumbuhan sel yang bersifat jinak dari otot dinding rahim.

Berdasarkan penyebab kista ovarium bisa tumbuh secara alami terutama pada masa subur atau sedang haid. Sedangkan mioma ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan seperti genetik, hormon dan usia menstruasi pertama terlalu dini.

Berdasarkan gejala kista ovarium tidak menimbulkan gejala sama sekali. Gejala muncul saat kista membesar seperti kembung, mual muntah, nyeri dipayudara, punggung belakang atau paha. Sedangkan mioma dapat ditandai dari perdarahan vagina diluar siklius menstruasi, perut kram, nyeri panggul saat menstruasi, serta sering buang air kecil. Untuk mengetahui pastinya harus melakukan peneriksaan USG.

Untuk menjaga kesehatan Anda sebaiknya terapkan pola hidup sehat dengan makan makanan yang bergizi dan konsumsi air putih minimal 2 liter / hari dan olahraga teratur. Jika Ada gejala dan faktor resiko mengalami mioma sebaiknya lakukan pemeriksaan lanjut ke dokter kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mioma dengan gejala yang sedang maupun berat, membutuhkan operasi.

6 Jenis Operasi Mioma Uteri untuk Sembuhkan Anda

Penanganan terhadap mioma uteri dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui operasi. Berikut ini 6 jenis operasi mioma uteri yang perlu Anda ketahui.