Minuman collagen apa bermanfaat?

E Info Penanya: E, Wanita
Dokter, saya mau tanya, collagen apa yg bagus tuk saya yg ada riwayat tuk sakit maag? Atau lebih baik memilih collagen yg kandungan nya gimana? Soalnya saat ini saya sedng mengkonsumsi suplemen sprirulina dari nature plus
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang E,

Kolagen adalah protein yang dipercaya menjaga kekenyalan dan kesehatan kulit, karena memang 75% kulit terbentuk dari kolagen. Namun kandungan kolagen ini bisa berkurang dengan bertambahnya umur, paparan sinar matahari, pola hidup yang tidak baik misal merokok, berat badan berlebihan, dan sering mengonsumsi alkohol.

Sedangkan spirulina adalah ganggang laut berwarna biru kehijauan yang tentunya banyak manfaatnya untuk tubuh bila dikonsumsi secara teratur.

Beberapa manfaat spirulina antara lain:

  • Menjaga kadar gula darah.
  • Menstabilkan kadar kolesterol.
  • Sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas.
  • Menjaga berat badan ideal.
  • Menurunkan tekanan darah.
  • Meningkatkan metabolisme tubuh yang tentunya sangat penting untuk orang-orang yang sedang menjalankan program penurunan berat badan.
  • Meningkatkan kadar sel darah merah.

Selain mengandalkan suplemen kolagen, Anda juga bisa mencukupi kebutuhan kolagen tubuh dengan cara mengonsumsi ayam, ikan, putih telur, kaldu tulang, jeruk, strawberry, blueberry, sayur hijau, tomat, kacang kedelai serta kacang-kacangan lainnya.

Sejauh ini tidak ada pantangan kolagen untuk penderita lambung, namun tentunya Anda perlu membatasi asupan kolagen yang terasa asam seperti jeruk, strawberry, serta tomat.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kulit sensitif adalah gangguan kulit yang mudah didiagnosis oleh dokter dan dapat dilakukan perawatan

4 Penyakit Kulit pada Kulit Sensitif dan Cara Merawatnya

Ternyata, ada sejumlah penyakit kulit yang biasa dialami pemilik kulit sensitif. Setiap jenis penyakit kulit tersebut membutuhkan langkah perawatan tersendiri. Mulai dari kulit kering, hingga photodermatoses.