Apakah boleh minum soda setelah makan durian?

R Info Penanya: R, Pria, 33 Tahun
Dok apakah boleh setelah bersantap duria kita segera minum soda?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, J. 

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Durian merupakan buah yang identik dengan aroma yang khas. Buah ini mengandung beberapa vitamin, mineral, lemak, karbohidrat, dan juga protein. Selain itu, buah ini memiliki manfaat yang baik bai tubuh yaitu sebagai antioksidan, serat, sumber kalori, dan juga sumber kalium bagi tubuh. Walaupun begitu, jika buah ini dikonsumsi berlebihan, berdampak tidak baik bagi tubuh. Dampak berupa rasa tidak nyaman pada perut, kembung, muntah, dan diare. Dalam mengonsumsi buah ini juga perlu diperhatikan bagi ibu hamil dan ibu menyusui, penderita diabetes. Dan disarankan untuk tidak mengonsumsi alkohol berbarengan dengn buah ini. 

Minuman bersoda mengandung pemanis, pewarna, pengawet, dan air yang berkarbonasi. Dan beberpa mengandung kafein dan juga alkohol. Oleh karena itu, minuman ini sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu sering dan berlebihan. Minuman bersoda juga memiliki efek yang buruk bagi kesehatan, yaitu, meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke, obesitas, diabetes, osteoporosis, kerusakan pada gigi, dan juga membuat lambung terasa kembung dan nyeri. 

Disarankan jangan megonsumsi soda setelah menyatap durian. Karena makanan dan minuman ini dapat membuat perut menjadi kembung, nyeri, dan menaikan asam lambung sehingga timbullah penyakit maag. Jika sudah timbul maag, segeralah minum obat-obatan maag yang bisa Anda dapatkan dari dokter.

Salam sehat,

dr. Ester 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bubble tea ternyata bisa menyebabkan obesitas dan diabetes, jika diminum berlebihan.

Meski Menyegarkan, Konsumsi Bubble Tea Harus Dibatasi

Teh, susu, gula, dan bola-bola kecil (bubble) dari tapioka, bisa memberikan manfaat bagi tubuh. Namun jika disajikan dalam bentuk bubble tea, khasiatnya tertutup banyaknya kalori, termasuk kandungan gula bubble tea. Oleh karena itu, meski menyegarkan, konsumsi bubble tea harus dibatasi.