Minum Pil KB ketika melakukan hubungan suami istri saja, apakah bisa jadi hamil?

G Info Penanya: G, Wanita, 21 Tahun
Saya kan baru nikah tapi saya ingin memberi jarak untuk mempempunyai ank makanya saya minum pil KB sya minum pil KB itu ketika melalukan hunagan suami istri Pakah itu bisa biasa jadi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, G

Terima kasih atas pertanyaannya.

Sebetulnya pil KB itu cara penggunaannya harus rutin karena tujuannya mencegah kehamilan bukan mengobati kehamilan. Anda juga dianjurkan menggunakan selama sebulan penuh agar perlindungannya optimal. Bila pertanyaan anda apakah bisa hamil dengan minum pil KB hanya ketika melakukan hubungan suami istri? Jawaban saya pasti bisa hamil, kenapa anda belum hamil karena kebetulan belum diberikan kehamilan bisa karena faktor lain seperti anda tidak sedang subur atau faktor sperma belum berhasil membuahi.

Kalau anda ingin segera terlindungi dan tidak bisa disiplin minum obat, anda bisa memilih metode lain seperti kondom, KB suntik atau IUD yang memberi perlindungan segera. Ada juga metode kontrasepsi darurat yang bisa anda baca di tautan artikelnya. Namun saya tidak menyarankan karena efek hormon dalam dosis tinggi sangat tidak nyaman untuk anda.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab sulit hamil dapat datang dari wanita maupun pria.

Cara Tangani Infertilitas untuk Bantu Dapatkan Momongan

Infertilitas kerap menjadi penyebab pasangan kesulitan mendapatkan momongan. Berikut 5 terapi kesuburan yang dapat membantu menangani kondisi ini.