Minum obat untuk mencegah difteri, timbul nyeri ulu hati, muntah dan lemas.

IR Info Penanya: IR, Wanita, 21 Tahun
Sejak kemarin saya mengkonsumsi obat antasida dan erythromycin stearate yg dibagikan dinas kesehatan di sekolah tempat saya ngajar karena ada yg terkena difteri di sekolah, efek yg saya rasakan adalah muntah² lemas dan ulu hati rasanya sakit, apakah efek itu wajar? Jika saya berhenti minum obat tersebut sebelum 7 hari, apakah bisa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, IR

Sebaiknya antibiotika eritromisin diteruskan sampai dengan 7 hari sesuai instruksinya karena bila anda stop malah dapat mengakibatkan resistensi kuman terhadap antibiotika tersebut. Efek yang anda rasakan akibat iritasi lambung dari antibiotika. Sehingga anda juga diberikan antasida dengan tujuan untuk mencegah gejala iritasi lambung. Kemungkinan iritasi lambung juga meningkat bila anda memang memiliki riwayat gangguan asam lambung sebelumnya.

Beberapa tips untuk minum obatnya, jangan minum dalam keadaan perut kosong. Beri waktu sekitar 15-30 menit setelah makan baru anda minum obatnya. Lebih jelasnya bisa anda baca di artikel mengenai 5 Cara Menurunkan Asam Lambung: Tanpa Obat, Hanya Perlu Niat!. Hindari juga makanan atau minuman yang asam, pedas, bersantan dan berminyak.

Kalau keluhan tidak berkurang, anda bisa konsultasi langsung dengan Dokter untuk diberikan resep obat yang sesuai untuk kondisi anda.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

IR
19 Oct 2019, 15:39
Apakah efek samping itu akan terus dirasakan selama 7 hari penggunaan obat dok?
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat asam lambung di apotik tidak hanya terdiri dari satu jenis saja, tetapi terdapat tiga macam obat asam lambung di apotik yang dapat dijumpai

Kenali Berbagai Obat Asam Lambung untuk Mengatasi Maag

Maag merupakan penyakit yang paling umum terjadi. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan obat asam lambung yang bisa dibeli bebas di apotek maupun dengan resep dokter. Obat asam lambung di apotik tidak hanya satu jenis melainkan terdapat berbagai banyak jenisnya, seperti penghalang histamin, antasida, dan sebagainya.