26 Jan 2021, 15:53Penyakit Lainnya

Bagaimana jika minum antibiotik lebih awal dari seharusnya ?

KM
Info Penanya: KM0
Saya 20 tahun. Dokter memberi saya beberapa obat untuk mengobati penyakit saya diantaranya antibiotik yg harus diminum 2 kali sehari dengan jarak waktu 12 jam. Saya biasanya mengonsumsi obat kapsul itu sesudah makan pagi dan makan malam. Namun tadi saya lupa dan malah mengonsumsinya setelah makan pagi dan setelah makan siang dan bukannya malam. Itu bagaimana ya dok? Tidak akan apa apa kan? Soalnya itu kali pertama saya lupa malah mengonsumsi setelah makan siang
259 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, K.Saat tubuh mengalami suatu penyakit terutama karena infeksi bakteri, maka dokter akan meresepkan antibiotik sesuai indikasi medis dimana cara kerja antibiotik ini berbeda-beda, ada yang setiap 24 jam sekali atau diminum 1 kali dalam sehari, ada yang setiap 12 jam atau diminum 2 kali sehari, bahkan ada pula yang diminum hingga 3 sampai 4 kali dalam sehari.

Bagaimana jika antibiotik diminum tidak sesuai anjuran ?

Minum antibiotik yang tidak sesuai anjuran bukan hanya soal waktu minum, tetapi indikasi meminum suatu antibiotik. Banyak sekali masyarakat yang percaya bahwa setiap penyakit akan sembuh jika telah meminum antibiotik. Namun ini adalah kepercayaan yang salah dan berbahaya karena meminum antibiotik tidak sesuai indikasi medis akan menyebabkan resisten antibiotik atau tubuh kebal terhadap antibiotik sehingga jika tubuh benar terinfeksi bakteri, maka penggunaan antibiotik tidak efektif lagi. 

Bagaimana jika minum antibiotik lebih awal dari seharusnya ?

Masa kerja atau paruh waktu yang dibutuhkan suatu obat berkerja berbeda-beda. Jika suatu obat diminum selama 12 jam sekali, maka saat salah minum obat yang terlalu awal dari waktunya, kadar obat tersebut masih cukup tinggi di dalam tubuh. Sehingga meminum obat lagi, membuat kadar obat semakin tinggi yang dapat menimbulkan efek samping seperti mual, muntah, atau rasa tidak nyaman di perut.  Namun efek samping ini akan berkurang dengan sendirinya.Untuk itu, jika Anda mengalami efek samping berlebih setelah mengonsumsi antibiotik, baik muntah hebat, rasa gatal di seluruh tubuh, penyakit yang tidak kunjung membaik, segera konsultasi ulang ke dokter. Pasang pengingat di handphone agar jadwal minum antibiotik tidak terlewat, dan habiskan obat sesuai anjuran dokter.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
antibiotikalergi obatminum obat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil