Minum obat lebih dari 30 butir apa berbahaya?

YS Info Penanya: YS
dok kemarin saya minum obat lebih dari 30 butir , dan obatnya campur , ada obat magh , penambah darah, antimo , paracetamol , obat jantung dan yg lainnya , tapi tidak ada reaksi apa* , apakah untuk kedepannya bisa berbahaya dok ???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam YS,

Minum obat jika berlebihan dosis dan tidak sesuai indikasi tentunya bisa berbahaya karena bisa menimbulkan risiko efek samping ataupun risiko jangka panjang. Untuk itu jika obat tidak atas indikasi dokter baiknya dihindari. Tetapi jika obat diberikan oleh dokter tentunya dokter sudah menimbang risiko dan manfaat dari pemberian obat tersebut. Jadi ada baiknya juga untuk melakukan kontrol berkala dan perbaikan pola hidup agar tidak perlu banyak minum obat tetapi sesuai kebutuhan saja.

Lakukan juga pemeriksaan berkala pada beberapa organ penting seperti organ hati dan organ ginjal agar memantau efek pemberian obat. Meskipun begitu jangan sampai tidak minum obat yang diberikan dokter atau berhenti tanpa arahan atau instruksi dokter yang melakukan pengobatan agar tidak menimbulkan masalah kesehatan yang juga bisa membahayakan salah satunya adalah obat-obatan untuk jantung. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jangan sampai jadi korban selanjutnya, kenali ciri-ciri darah tinggi untuk hidup yang lebih sehat dan ceria.

Ciri-ciri Darah Tinggi Sering Tak Terlihat, Jangan Sampai Jadi Korbannya!

Ciri-ciri darah tinggi dapat diibaratkan seperti serigala berbulu domba, yang siap membunuh mangsanya di berbagai kesempatan secara membabi buta. Jangan sampai menjadi korbannya!