14 Mar 2021, 17:47Perut

Bagaimana cara mengatasi sakit maag agar sembuh ?

GL
Info Penanya: GL, Wanita, 18 Tahun
sore dokter.. saya penderita dispepsia (GERD) dan gangguan pencernaan. setiap pagi saya minum lanzoprazole (lasgan) apakah saya boleh bersamaan dengen minum madu clover? saya juga dikasih obat pencahar (opilax). saya mau nanya.. ke 3 nya diminum diwaktu kapam aja ya dok? apa boleh pagi minum lasgan dan sorenya minum madu clover? terima kasih..
401 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, G.Memiliki riyawat sakit maag dimana keluhan sering terasa terutama saat perut kosong, makan makanan yang memicu peningkatan asam lambung, stress, rasa lelah, berbaring setelah makan membuat rasa tidak nyaman, rasa penuh, begah, kembung, nyeri di ulu hati. Keluhan maag dapat diikuti mual bahkan muntah.

Bagaimana cara mengatasi sakit maag agar sembuh ?

Pengobatan sakit maag bukan hanya melalui obat. Obat hanya membantu namun pola hidup dan pola makan yang sangat berpengaruh. Cara mengatasi sakit maag agar sembuh antara lain :
  • Membuat jadwal makan teratur dan tidak lupa dengan cemilan sehat.
  • Makan dengan porsi yang pas, tidak berlebihan.
  • Jangan berbaring minimal 2 jam setelah makan.
  • Mengatasi stress dan rasa lelah.
  • Hindari semua pemicu asam lambung.
  • Konsumsi obat nyeri dan antibiotik dengan benar agar tidak memicu maag.
  • Selalu menjaga kesehatan salah satunya dengan konsumsi madu.
Konsumsi madu sebaiknya saat perut kosong agar semua nutrisi baik di madu dapat terserap sempurnya. Ini dapat dikonsumsi bersamaan dengan obat maag. Namun jika Anda takut madu mempengaruhi efektifitas obat, maka konsumsi lanzoprazole 1 jam sebelum makan di pagi hari, madu 1 jam sebelum makan di siang/sore hari.Obat pencahar yang berfungsi untuk memperlancar BAB jika berbentuk tablet, dapat dikonsumsi sebelum tidur dimalam hari dan saat pagi hari setelah bangun tidur. Selain konsumsi pencahar, Anda juga sebaiknya minum yang cukup, perbanyak makan buah-buahan dan sayur.Kontrol ke dokter spesialis penyakit dalam jika keluhan tidak kunjung membaik, bertambah nyeri di ulu hati, mual terus menerus, nafsu makan berkurang.Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Lidya Hapsari. 
dispepsiamadupola hidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil