Minum obat antibiotik bersamaan berbahaya tidak?

AN* Info Penanya: AN*, Pria, 32 Tahun
Dok saya mau tanya.Saya barusan minum antibiotik dengan merek yang berbeda secara bersamaan.Yang satu merk etamoxul dan yang satu lagi merk cefadroxil.Apakah efeknya berbahaya ke tubuh saya dok?Dan penanganan nya bagaimana jika ini berbahaya.Mohon jawabannya ya Dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, N.

 

Antibiotik merupakan jenis obat untuk membunuh dan memperlambat bakteri yang sedang menginfeksi didalam tubuh. Penggunaan antibiotik sendiri harus hati-hati dan dengan resep dokter. 

Perihal Anda diberikan antibiotik dengan 2 jenis yang berbeda secara bersamaan ini diperbolehkan dan tidak akan membahayakan selama sesuai dengan kondisi penyakit Anda. Ada beberapa penyakit yang memang membutuhkan pemberian 2 antibiotik sekaligus guna mendapatkan efek lebih kuat dalam membunuh bakteri contohnya pada pasien pasca operasi.

Berikut ini hal yang perlu diketahui sebelum Anda meminum antibiotik:

  • Pada dasarnya pemberian antibiotik harus menunggu hasil kultur atau pemeriksaan jenis bakteri namun pemeriksaan ini jarang dilakukan karena membutuhkan waktu yang lama sementara pasien sudah membutuhkan segera.
  • Jangan membeli antibiotik tanpa resep dokter karena risiko alergi pada obat antibiotik dapat muncul bila tidak cocok
  • Habiskan antibiotik walau Anda telat merasa sembuh untuk menghindari bahayanya resistensi atau kumal menjadi kebal terhadap obat tersebut dan juga risiko kekambuhan penyakit bisa terjadi
  • Tingkatkan kekebalan tubuh dengan mengonsumsi banyak sayur dan buah serta berolahraga

Semoga bermanfaat, terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ.

Salam sehat, 

 

dr. Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Operasi SWL (Shock Wave Lithotripsy) dianggap paling efektif dalam menghancurkan batu ginjal

4 Jenis Operasi Batu Ginjal yang Bisa Anda Jalani

Operasi batu ginjal seringkali diperlukan pada kasus batu ginjal berukuran besar atau mengganggu fungsi tubuh lainnya. Beberapa pilihan operasi batu ginjal yang efektif menghancurkan batu ginjal berukuran kecil dan paling sering dilakukan adalah Shock Wave Lithotripsy (SWL).