20 Dec 2020, 09:33Jantung

Apakah boleh meminum empon-empon bersamaan dengan obat hipertensi dan kolesterol ?

DA
Info Penanya: DA0
Selamat Pagi, Dok. Saya ingin bertanya, apakah ada efek samping apabila meminum empon-empon tapi sedang mengkonsumsi obat hipertensi dan kolesterol? Ibu saya yang sedang mengkonsumsi 2 obat tersebut, diberi oleh dokter poli jantung berdasarkan hasil tes lab
387 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Hallo D,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Banyak cara yang dilakukan seseorang untuk memiliki tubuh yang sehat. Selain dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, menghindari makanan dan minum yang tidak baik bagi tubuh seperti makanan minuman dalam kemasan yang tinggi akan gula, menerapkan pola hidup sehat, rutin dan konsisten dalam berolahraga maka ada cara lain yang banyak masyarakat Indonesia lakukan yaitu mengkonsumsi jamu.

Apakah manfaat meminum jamu untu kesehatan ?

Tradisi meminum jamu untuk mencegah penyakit ini sudah dilakukan sejak dahulu kala. Ramuan jamu ini dibuat dari bahan-bahan alami seperti jahe, temulawak, kunyit, gula merah serta bahan rempah-rempah lainnya. Campuran bahan rempah-rempah ini akan menghasilkan minuman yang berwarna kekuningan, dan diminum selagi hangat. Jamu ini disebut dengan empon-empon.Empon-empon akan menghasilkan rasa hangat dan sedikit pedas di tenggorokan. Khasiatnya meningkatkan imun tubuh sehingga dapat mencegah penyakit. Namun hal ini perlu diteliti lebih lanjut, berapa takaran rempah-rempah yang dapat digunakan sebagai antioksidan, bagaiaman cara pembuatannya, berapa kali diminum dalam sehari, dan apakah ada interaksi dengan obat-obatan lain.

Apakah boleh meminum empon-empon bersamaan dengan obat hipertensi dan kolesterol ?

Sebaiknya Ibu Anda memberikan jarak sekitar 1 jam setelah meminum obat hipertensi dan kolesterol baru meminum empon-empon. Jika ada gejala yang timbul setelah minum empon-empon seperti nyeri ulu hati, mual, muntah, maka konsumsi empon-empon dapat dihentikan.Tetap rutin meminum obat dari dokter jantung dan konsultasi secara langsung ke dokter jantung untuk melihat perkembangan kesehatan jantung Anda.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
hipertensikolesteroljamu
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil