Bagaimana cara menyusui yang benar?

Y Info Penanya: Y
Dok saya mau tanya. Apabila bayi di bawah 3 bulan di susui sambil tiduran miring apakah nantinya bayi bisa punya penyakit sesak nafas?? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, Y.

Menjadi seorang ibu pasti merupakan kebahagiaan bagi seorang wanita. Setelah menjalani kehamilan selama kurang lebih sembilan bulan, bayi yang ditunggu-tunggu akhirnya lahir dan melengkapi kehidupan sehari-hari keluarga.

Pada enam bulan pertama kehidupan bayi, nutrisi sepenuhnya didapat dari ASI (Air Susu Ibu). Oleh karena itu, dalam enam bulan ini, ibu sebaiknya mengonsumsi makanan yang bergizi, karena apa yang ibu makan adalah apa yang bayi makan melalui ASI. Pemberian ASI bisa dengan cara direct breastfeeding (menyusui langsung) ataupun dengan botol setelah ASI dipompa. 

Berikut adalah langkah agar menyusui dapat berjalan lancar:

  • Sangga payudara dengan tangan, dan posisikan dagu bayi menempel dengan payudara ibu
  • Biarkan mulut bayi terbuka dan mulai menghisap puting ibu
  • Usahakan sebagian besar areola juga masuk ke mulut bayi
  • Setelah bayi menghisap, payudara boleh dilepas dan tidak perlu disangga lagi

Terkait dengan posisi menyusui, posisi miring dapat dilakukan, selama posisi kepala bayi lebih tinggi dari badan. Anda dapat mengganjal kepala bayi dengan bantal agar ASI yang ditelan bayi mengalir dengan mudah ke kerongkongan, dan tidak menyebabkan bayi tersedak. 

Jangan lupa jadikan menyusui sebagai bonding time ibu dan bayi. Ibu bisa mengajak bayi mengobrol selama proses menyusui.

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ, semoga apa yang sudah disampaikan bermanfaat.

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara membersihkan botol susu bayi perlu dilakukan dengan benar agar kesehatan Si Kecil tetap terjaga

Jangan Sembarangan, Moms, Ini Cara Membersihkan Botol Susu Bayi yang Tepat

Cara membersihkan botol susu bayi tidak bisa sembarangan. Oleh sebab itu, pastikan cara mencuci botol susu bayi yang Anda lakukan sudah tepat. Membersihkan botol susu bayi bisa dilakukan dengan tangan atau menggunakan mesin.