minum ARV pada odHIV

DP Info Penanya: DP, Pria, 2019 Tahun
Selamat malam, saya odhiv minum ARV Aluvia 4 tablet sehari, kurang lebih sudah 4 bulan. Sebelumnya saya diare dan muntah parah setelah makan mie ayam, ini merupakan kedua kalinya saya diare karena makan mie, tetapi yang ini ada muntahnya.1. Kejadian pertama yaitu ketika saya masih muntah parah, saya masih memberanikan diri untuk minum ARV, jarak antara minum ARV dengan muntah sekitar 1 jam, tidak terlihat adanya obat yang keluar tapi saya mengeluarkan cairan berwarna kuning dan terasa pahit. Apakah itu obat ARV?2. Sedangkan yang kedua terjadi kemarin, saya masih bisa merasakan mual dan tenggorokan menjadi sensitif, hingga kemarin ketika saya hendak minum ARV saya taruh obat di pangkal lidah saja sudah mukok duluan. Akhirnya saya tidak berani meminumnya karena takut malah obatnya keluar. Apakah dengan skip ARV sekali membuat virus kebal? Terima kasih sebelumnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, DP

Infeksi HIV menyebabkan kondisi imunodefisiensi sehingga tubuh ODHA rentang dengan berbagai infeksi. Pemberian ARV bertujuan menghambat perkembangan virus HIV namun tidak menyembuhkan. Salah satu efek samping ARV adalah diare, mual muntah, hilang nafsu makan.

Namun keluhan diare kronik, mual muntah gangguan pencernaan nyeri tenggorokan dapat menjadi tanda progresifitas penyakit dan adanya infeksi opportunistik lain akibat pelemahan status imun tubuh. 

Jika tidak mengkonsumsi ARV maka dapat membuat virus semakin progresif melakukan replikasi dan memperburuk kondisi ODHA, sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam dan VCT untuk evaluasi tatalaksana ARV dan keluhan anda.

Saya sarankan agar anda melakukan pola hidup sehat, perbanyak konsumsi makanan gizi seimbang, melakukan olahraga rutih, hindari stress, tetap percaya diri karena dapat  membuat tubuh sehat dan menghambat progresifitas virus.

dr. Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

HIV tidak selalu berkembang menjadi AIDS berkat adanya obat ARV.

Tidaklah Sama, Pahami Perbedaan HIV dan AIDS Ini

HIV tidaklah sama dengan AIDS. Secara umum, HIV adalah virus dan AIDS adalah tahap akhir infeksi virus HIV.Orang terinfeksi HIV tidak selalu berkembang AIDS.