Minum ARV kemudian berat badan sulit naik

DP Info Penanya: DP, Pria, 2019 Tahun
Selamat malam, dok saya odha minum arv sudah 6 bulan. Kemarin saya pernah tidak meminumnya 1x dok, akhirnya saya ke dokter penyakit dalam dan katanya tidak apa-apa. Lalu saya sekalian tes cd4 alhamdulillah naik dari yang awalnya 320 menjadi 401. Yang menjadi pertanyaan saya kok berat badan saya semakin menurun ya dok, waktu pertama kali minum arv dulu 52kg, lalu saya pernah opname turun 2kg lagi, dan akhir-akhir ini kalau saya makan tidak teratur sedikit saja bisa turun lagi. Kira-kira apa yang harus saya lakukan supaya berat badan saya naik ya dok? Atau paling tidak bisa stabil. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DP,

ARV merupakan pengobatan untuk menekan virus agar tidak terus menekan daya tahan tubuh. Obat ARV sendiri memiliki efek samping yang dapat menyebabkan sejumlah kondisi pada tubuh seperti kelelahan, anemia, perubahan warna kulit, persebaran lemak yang tidak merata, gangguan pencernaan seperti mual, muntah atau diare dan efek samping lain yang mungkin timbul.

Keluhan gangguan pencernaan ini yang bisa membuat kesulitan makan dan membuat semakin kurus. Untuk itu agar dapat meningkatkan berat badan dapat dilakukan beberapa upaya seperti:

  • Tetap mengonsumsi obat sesuai jadwal
  • Mencukupi kebutuhan istirahat
  • Kelola stres
  • Mengonsumsi makanan sedikit tetapi sering, dapat makan 4-5 kali sehari dengan porsi kecil, dapat juga memberikan kalori tambahan dengan menambahkan telur atau keju pada makanan
  • Mengemil makanan di sela waktu makan, pilihlah cemilan sehat seperti buah
  • Berolahraga agar menambah massa otot sehingga bisa meningkatkan berat badan

Jika tetap kesulitan menambah berat badan, konsultasikan kondisi Anda pada dokter ahli gizi sehingga bisa dibantu untuk menentukan menu dan langkah lanjut untuk meningkatkan berat badan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu manfaat kondom adalah untuk mencegah penularan penyakit kelamin

5 Manfaat Kondom bagi Kesehatan Anda dan Pasangan

Kondom sering kali digunakan untuk mencegah kehamilan, selain itu manfaat kondom juga dapat mencegah penularan penyakit kelamin seperti sifilis.