minum antibiotik dengan kopi susu apa kan boleh?

A Info Penanya: A, Wanita, 23 Tahun
Dok kalau minum antibiotik boleh minum kopi susu ga?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

selamat pagi A, 

Minum kopi susu dengan obat tidak disarankan. Karena kopi susu akan dicerna bersamaan dengan obat di saluran cerna. Saat proses pencernaan ini seringkali terjadi interaksi dari zat kandungan obat makanan.

Interaksi yang terjadi kemungkinan akan menghambat proses penyerapan obat. Sehingga obat yang diminum dosisnya kurang, atau tidak berfungsi optimal dalam tubuh.

Kopi mengandung kafein yang akat meningkatkan metabolisme tubuh. Peningkatan metabolisme akan membuat jumlah obat yang bekerja di tubuh  akan dikeluarkan secara cepat, sehingga obat tidak bekerja dengan optimal. Susu mengandung kalsium, kalsium akan mengikat kandungan obat dan membuat pengeluaran obat lebih cepat.

Lebih baik minum obat dengan air saja karena air tidak mengandung zat yang kemungkinan berinteraksi mengikat kandungan obat. Sehingga obat dapat bekerja dengan optimal.

 

Salam sehat,

dr. Patricia oktaviani

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Titik refleksi tangan tidak hanya terletak di telapak tangan tapi juga terdapat di bagian pergelangan tangan dan tangan bagian atas

Titik Refleksi Tangan untuk Mengatasi Masalah Kesehatan

Titik refleksi tangan sudah diterapkan sejak zaman dahulu untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu. Pengobatan tradisional ini dapat dilakukan di rumah untuk mengatasi sembelit, sakit kepala, sampai untuk meringankan masalah pencernaan.