01 Dec 2020, 17:31Penyakit Lainnya

Penanganan hemangioma dan tumor bibir

FW
Info Penanya: FW0
Dok bibir bagian bawah saya semakin lama semakin besar,saya mengalaminya sudah 6 tahun dan belum sembuh.setelah saya periksa,ternyata kelainan darah, (tumor)apa ada solusi dok?saya sudah melakukan pengobatan 6 tahun belakangan ini dan saya sudah di operasi.tapi belum sembuh total.saya mohon beri saya saran
957 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo FW,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Gejala kelainan darah berbertuk tumor berwarna merah yang ada di bibir Anda bisa disebabkan oleh hemangioma. Gambarannya seperti buah strawbery. Hemangioma ini dapat ditemukan di seluruh tubuh, dapat bertambah besar, juga dapat menghilang dengan sendirinya seiring bertambah usia.Selain karena hemangioma, keluhan di bibir yang Anda alami dapat disebabkan oleh tumor. Tumor ini dapat dibedakan menjadi tumor yang jinak ataupun mengarah ke keganasan. Dokter akan melalukan tindakan biopsi dengan cara mengambil sedikit jaringan tumor dan diperiksakan di laboratorium.

Penanganan hemangioma dan tumor bibir

Hemangioma tidak memerlukan penanganan khusus, namun pada hemangioma yang terus membesar dan bertambah, dapat dipertimbangkan dengan melakukan operasi untuk menghindari risiko penumpatan saluran nafas, dan dari segi estetik. Sedangkan pada tumor bibir penanganannya sesuai dengan jenis tumor. Jika tumor jinak, maka tumor halus dievaluasi lagi dan ditangani agar tidak muncul kembali.Pada tumor bibir dengan keganasan dapat dipertimbangkan dengan melakukan kemoterapi. Anda juga dapat menhindari makanan yang memicu keganasan seperti makanan yang mengandung zat karsinogenik, makanan yang dibakar, daging merah, minuman berakohol, makanan dan minuman berpengawet.Anda juga harus menetapkan pola hidup sehat dengan makanan bergizi, istirahat yang cukup, hindari stress, berolahraga teratur.

Faktor risiko hemangioma

Siapa saja dapat terkena hemangioma, namun ada beberapa orang yang lebih berisiko, antara lain perempuan, bayi yang lahir prematur dan BBLR, kulit putih.Anda dapat berkonsultasi secara langsung ke dokter untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat, dan semoga lekas sembuh."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari." 
hemangiomatumor jinakbibir kering
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil