Telat haid dan suka mual apa penyebabnya?

AS Info Penanya: AS
Dok saya telat haid seharusnya saya haid tangal 4 tapi sekarang udh mau awal bulan lagi masih blm haid gimana dok saya minta saranya terus saya suka mual" tapi ga teralu sering dn payudara saya pun mersa membesar dan sakit perut pun sering sakit mohon jawabany dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AS,

Telat haid dan mual seringkali dikaitkan dengan kehamilan, jika memang sebelumnya ada riwayat berhubungan seksual di siklus sebelumnya bisa coba melakukan tes kehamilan dengan pemeriksaan testpack. Tapi jika tidak ada riwayat melakukan hubungan seksual setelah haid sebelumnya maka kemungkinannya bisa karena penyebab lain. 

Penyebab terlambat menstruasi selain kehamilan

Beberapa kondisi lain yang bisa menyebabkan terlambat haid diantaranya adalah:

  • Penggunaan kontrasepsi
  • Mengalami stres
  • Diet sampai turun berat badan dengan cepat dan drastis
  • Mengalami masalah pada organ reproduksi, bisa karena adanya kista, PCOS, ataupun tumor jinak
  • Memiliki masalah kesehatan lain 
  • Gangguan hormonal

Jadi kalau sering mual, payudara terasa tidak nyaman, perut sakit bisa juga karena masalah pencernaan seperti lambung atau maag. Bisa juga keluhan terjadi karena gejala premenstrual sindrom. Jadi coba perbaiki kesehariannya termasuk memperbaiki pola makan, asupan makan, hindari stres, istirahat dan tidur dengan cukup, banyak minum air putih, olahraga rutin. 

Untuk meredakan mual dan sakit perutnya bisa minum obat maag seperti antasida dan minum vitamin B6, bisa juga minum bahan alami seperti jahe untuk meredakan mual, kompres perut yang nyeri menggunakan air hangat. Jika sampai bulan depan tetap tidak haid bisa coba periksakan diri pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk dipastikan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

pilihan obat alami dan makanan untuk meredakan sakit perut di rumah

7 Obat Sakit Perut Alami yang Mungkin Sudah Ada di Dapur Anda

Sakit perut tidak harus selalu diatasi dengan obat dokter. Ada banyak pilihan makanan dan obat alami sebagai cara untuk mengatasi sakit perut di rumah.