Minder berbicara di depan orang, penyakit apakah ?

AN* Info Penanya: AN*, Pria, 19 Tahun
Doketer kenapa ya 2 tahun terahir ini saya sering sekali minder ketika berbicara di hadapan org dan saat saya paksakan berbicara dengan biasa kepla di belakang saya dari terasa panas dan sakit penyakit apakah ini tlong beri masukan dokter karna sya tidak bisa terus bgni semakin saya pkasa semakim sakit juga kepala saya dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MF.

Ketika anda merasa minder atau takut berbicara di depan orang, kemungkinan anda mengalami apa yang disebut sebagai Glossophobia. 

Gejala yang dirasakan akibat dari pelepasan hormon adrenalin seperti pusing, keringat berlebih, denyut jantung meningkat, gemetar, mual dan muntah, ketegangan otot, nyeri kepala. Penyebabnya sampai saat ini belum diketahui secara pasti diduga berhubungan dengan genetik (keturunan) dan lingkungan.

Untuk mengatasinya dilakukan dengan pengobatan seperti pemberian obat anti depresan dan psikoterapi. Sebaiknya anda ke dokter spesialis kejiwaan agar mendapat penanganan yang tepat. Anda juga mencoba untuk belajar atau berlatih berbicara misalnya dengan merekam diri sendiri kemudian bertahap dalam kelompok kecil.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kembangkan sikap bersyukur untuk menghadapi warna-warni kehidupan

Siasati Warna-Warni Kehidupan dengan Mengembangkan Sikap Bersyukur

Bukan rahasia lagi kalau warna-warni kehidupan tidak hanya dihiasi dengan hal-hal yang menyenangkan, tetapi juga tantangan-tantangan dan kejadian-kejadian yang menyedihkan. Namun, Anda tidak boleh larut dalam emosi negatif, bersyukur bisa dijadikan salah satu cara untuk Anda menyingkapi warna-warni kehidupan yang tidak menentu.