07 Dec 2020, 15:45Psikologi

Mengapa bisa mimpi tapi masih sadar ?

AN*
Info Penanya: AN*0
dok, saya kemaren malem meditasi dengan media suara hutan, lalu terbangun jam 1 pagi, saya memutuskan untuk kembali tidur. saat saya memejamkan mata, saya bermimpi aneh, padahal jiwa masih sadar. lalu saya membuka mata untuk perganti posisi tidur, tetapi masih saja bermimpi aneh dengan topik yang sama, kejadian berbeda. terus saja seperti itu, lalu saya menutup kedua telinga dengan bantal, dan tiba tiba tertidur. bangun bangun sudah pagi. itu knp ya dok? saya baru pertama kali kaya gini.
187 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang F,Terima kasih atas pertanyaannya.Hingga saat ini belum ada teori secara pasti mengenai mimpi. Mimpi muncul di alam bawah sadar dan bisa terjadi kapan saja saat kita sedang tidur. Secara ilmiah mimpi merupakan kondisi dimana peristiwa sensorik, kognitif, dan emosional terjadi saat tidur. Terdapat 5 tahapan pada siklus tidur, mimpi muncul pada siklus tidur tahapan akhir yang disebut REM (Rapid Eye Movement). Pada tahap ini disaat otot semua lumpuh sementara atau rileks, aktivitas otak meningkat. Menurut penelitian saat seseorang mencapai tahap 4 siklus tidur disebut tidur nyenyak atau pulas, tidak semua siklus tidur seseorang akan mencapai tahap REM dimana mimpi muncul. Saat tidur seseorang akan melalui tahap 1, 2, 3, 4, dan 5 kemudian akan kembali ke tahap 4, 3, 2, 1 atau tidak beraturan hingga kesadaran sepenuhnya kembali. Pada saat seseorang tidur, orang tersebut tidak dapat mengendalikan konten (isi), gambar, dan aktivasi memorinya. Banyak ahli juga mengaitkan mimpi dengan kejadian-kejadian pada kehidupan. Tapi ada kondisi dimana seseorang bermimpi tapi dalam keadaan sadar yang disebut dengan fenomena lucid dream. Fenomena ini menunjukkan kondisi dimana seseorang dalam kondisi sadar pada saat otak berada di tahap REM. Orang tersebut dapat mengendalikan alur dan arah cerita dari mimpi.Tidak ada yang perlu dikhawatirkan mengenai mimpi karena merupakan hal yang wajar dan arti mimpi sulit dimengerti. Upayakan langkah-langkah tidur berkualitas dengan tidur 7-8 jam, tidak bergadang, mengatur nafas sebelum tidur, atau melakukan olahraga ringan sebelum tidur, serta terapkan pola hidup sehat dan asupan air putih yang cukup. Bila hal ini terus muncul dan mengganggu anda dapat berkonsultasi dengan psikolog.Semoga bermanfaat, Salam sehat,dr. Pany CL.
gangguan tidurmasalah tidurmimpi burukmimpi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil