Mimpi basah yang sering terjadi di usia 15 tahun, apakah wajar ?

SU Info Penanya: SU
Dok saya umur 15 tahun sering mimpi basah mungkin 1 Minggu 3 kali apakah di umur yang masih remaja wajar atau tidak
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, D.

Mimpi basah merupakan mimpi yang disertai adanya pengeluaran cairan yang megnadung sperma. Pada dasarnya mimpi basah tidak dapat dikendalikan dan berlangsung secara alami sebagai mekanisme tubuh khususnya organ testis dalam mengganti sperma yang lama dengan produksi yang baru.

Mimpi basah terjadi saat seorang pria menginjak usia pubertas, umumnya di usia 15 tahun. Hal ini berhubungan dengan adanya perubahan hormon seksual pria yang mulai berkembang namun belum konsisiten atau seimbang. Seriung berjalannya waktu, dan semakin dewasa mimpi basah akan semakin jarang dialami karena keadaan hormon sudah lebih stabil.

Sejatinya mimpi basah terjadi saat memasuki fase tidur yang lelap, namun karena organ genital memiliki sensitifitas yang tinggi terhadap aliran darah yang relatif lebih  kencang, maka saat tidur dapat terjadi ejakulasi dengan tetap dalam keadaan terlelap.

Mengenai mimpi bahas yang Anda alami umumnya masih wajar, sehubungan dengan aktivitas hormon seksual yang sedang fluktuatif pada pubertas Anda sehingga dapat lebih sering terjadi. Tidak ada patokan khusus seberapa seringnya mimpi basaah terjadi, namun, apabila Anda merasa tidak nyaman, ada baiknya berkonsultasi dengan orang tua agar dapat menghubungi ahli yakni Psikolog, untuk membantu Anda.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mimpi selingkung artinya dapat menjadi tanda ketidakpuasan emosional

9 Kemungkinan dari Arti Mimpi Selingkuh yang Sebenarnya

Pernahkah Anda bermimpi selingkuh dari pasangan? Ternyata mimpi selingkuh artinya bisa sangat beragam, ketahui lebih jauh mengenai hal ini.