Apa penyebab mimisan?

RA Info Penanya: RA
Slmt sore dok maaf mau tanya tadi malam sy mimisan tadi pagi sy mimisan lagi tapi tdk sampai menetes dan sy tdk merasakan sakit sama sekali tapi cuaca di tempat sy sangat panas kira" menurut doktet sy sakit apa ya dok terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, RA.

Mimisan adalah keluarnya darah dari hidung yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah kecil hidung. Penyebab mimisan bervariasi, misalnya karena mengorek hidung dengan kuku tajam atau terlalu dalam, benturan pada hidung, cuaca panas, ataupun penyebab lainnya seperti demam berdarah dengue. 

Terakit kondisi Anda, perlu diketahui dulu gejala apakah yang Anda alami selain mimisan. Jika tidak ada demam, maka kemungkinan besar hanya disebabkan oleh suhu yang panas. Anda bisa menghindari keluar rumah dan memilih untuk berada di ruangan dengan suhu yang cukup dingin, agar darah tidak keluar lagi.

Tetapi, jika keluhan mimisan disertai dengan demam, darah mengucur dengan deras, atau lebih dari 30 menit, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung kepada dokter spesialis penyakit dalam atau dokter spesialis THT untuk mengetahui penyebab pastinya.

Jika muncul mimisan lagi, lakukan hal-hal berikut ini:

  • Tenangkan diri dan duduk dengan tegak
  • Kompres dingin pada batang hidung
  • Sambil kompres, tutup hidung dengan dua jari dan bernapaslah melalui mulut
  • Biarkan selama 10 menit
  • Lepas jepitan di hidung dan perhatikan apakah mimisan sudah berhenti
  • Jika belum, ulangi langkah di atas

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Nyamuk aedes aegypti menyebarkan penyakit melalui gigitannya

Mengenal Nyamuk Aedes Aegypti, Si Penyebar Penyakit

Nyamuk aedes aegypti dikenal sebagai penyebab penyakit DBD. Sebenarnya, nyamuk ini juga berperan dalam menyebabkan penyakit lain, seperti Zika hingga chikungunya.