Mimisan sejak hamil tahun lalu, kenapa sampai sekarang masih mimisan?

D Info Penanya: D, Wanita, 25 Tahun
Dokter saya mau tanya , saya terkadang suka mimisan tapi hanya hidung sebelah kiri saja dok ,, saya sudah mimisan semenjak saya hamil tahun lalu , kata orang-orang itu hanya bawaan orang hamil saja nanti kalo sudah lahiran akan berhenti mimisannya tapi ternyata sampai sekarang saya masih mimisan terus , kalo seperti kenapa ya dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, D

Terima kasih atas pertanyaannya.

Mimisan yaitu perdarahan dari dalam hidung karena banyak pembuluh darah di dalam dinding saluran hidung yang dekat dengan permukaan. Dinding hidung itu sendiri tidak terlalu tebal, sehingga pembuluh darahnya rentan untuk berdarah. Biasanya mimisan terjadi di salah satu lubang hidung tapi bersamaan pada kedua hidung juga bisa terjadi.

Mimisan itu sendiri tidak terkait dengan kehamilan lebih kepada faktor genetik dan anatomis hidung penderitanya. Seperti ada deviasi dari septum atau adanya polip di dalam hidung. Anda dapat membaca artikel Apa Saja Penyebab Mimisan pada Orang Dewasa untuk lebih jelasnya.

Pertolongan pertama untuk mengatasi mimisan :

  • posisi duduk dan condong ke depan, agar darah mengalir keluar hidung bukan ke dalam kerongkongan/tenggorokan.
  • Jepit hidung selama 15 menit untuk menghentikan perdarahan, ulangi bila masih mimisan sampai perdarahan berhenti
  • Kebanyakan mimisan akan berhenti 

Bila mimisan belum berhenti, anda perlu segera ke IGD RS terdekat. Atau bila detak jantung jadi tidak teratur, muntah akibat menelan banyak darah, riwayat cedera hidung, nafas sesak dan wajah pucat. Anda akan dilakukan pemeriksaan laboratorium, rontgen atau Konsul ke Dokter Spesialis THT untuk memastikan penyebabnya. Semoga penjelasannya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mimisan atau ingus berdarah dapat disebabkan karena pembuluh darah di hidung pecah

Mengenal Penyebab Ingus Berdarah, dari yang Umum hingga Langka

Penyebab ingus berdarah adalah karena pecahnya pembuluh darah di hidung. Kondisi ini bisa disebabkan luka tertusuk kuku, flu, sinus, cuaca ekstrem, hingga obat-obatan.