25 May 2019, 02:50Pernapasan

Mimisan pada anak, apa penyebabnya ?

CO
Info Penanya: CO, Pria, 19 Tahun
Dok sy ingin bertanya ... Anak sy setiap bangun tidur dipagi hari selalu mimisan itu sudah 2x tp tidk berturut..keadaan anak tidk sakit normal aktif..tidk.ada pusing dn sakit lain lain..jd sy sebagai orng tua selalu khawatir.. Mohn bimbingannya dok..terimakasih..
13564 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  Tim Dokter Sehatq
(0)
Selamat pagi, CO.Mimisan atau epistaxis merupakan perdarahan spontan dari dalam hidung. Diagnosis dan penanganan epistaksis bergantung pada lokasi dan penyebab perdarahan.Penyebab epistaksis dapat berupa penyebab lokal maupun sistemik;
- Penyebab lokal termasuk epistaksis idiopatik, trauma (patah tulang hidung, mengorek hidung terlalu keras), inflamasi, neoplasia/tumor, vaskular, iatrogenik, kelainan struktural, dan obat-obatan seperti semprot hidung, benda asing di hidung.
- Penyebab sistemik berupa kelainan hematologi (hemofilia, leukemia), lingkungan (temperatur, kelembaban dan ketinggian).
Pertolongan pertama saat mimisan:
• Posisikan kepala anak agak menunduk, untuk menghindari tersedak.
• Memencet hidung bagian depan selama 10-15 menit, selama pemencetan anak bernapas lewat mulut, bisa di ulang. Jika tidak berhenti sebaiknya kunjungi dokter.
Mimisan pada pagi hari setelah bangun tidur harus di perhatikan apakah cuaca sekitar anda dingin sekali pada pagi hari, atau sering bersin-bersin pada pagi hari, karena cuaca yang terlalu dingin menyebabkan mukosa dalam rongga hidup kering sehingga gampang iritasi yang berakibat mimisan. Pemeriksanaan lebih lanjut diperlukan jika keluhan yang dirasakan sering di alami, sebaiknya kontrol ke dokter spesialis telingan hidung dan tenggorok (Sp.THT).Selengkapnya tentang mimisan dapat anda simak disini. Semoga bermanfaatSalam sehatdr. Supiah S.D Sangadji
mimisanhidung berdarahgangguan pernapasan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil