MImisan, Apa Penyebabnya?

ES Info Penanya: ES, Pria, 21 Tahun
Dok saya mimisan dua kali dalam dua hari berturut-turut. Kira2 apa penyebabnya ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore ES,

Terimakasih ES atas pertanyaannya kepada Tim SehatQ.

Mimisan (Epistaksis) adalah keluarnya darah dari dalam hidung. Mimisan dapat dialami oleh anak-anak maupun orang dewasa. Kondisi ini biasanya merupakan gejala dari penyakit tertentu. Untuk lebih jelas, akan dibahas mengenai penyebab mimisan dan cara mengatasinya.

Secara posisi anatomi tubuh, mimisan atau epistaksis ini dapat dibagi menjadi 2. Berikut penjelasannya:

  • Mimisan Anterior. Pada jenis mimisan ini biasanya terjadi akibat pecahnya pembuluh darah pada daerah sekat hidung. Pada daerah ini terdapat banyak pembuluh darah kecil, bila terjadi benturan ataupun iritasi pada daerah tersebut dapat memicu mimisan. Biasanya jumlahnya relatif lebih sedikit dibandingkan darah akibat mimisan posterior.
  • Mimisan Posterior. Pada jenis mimisan ini perdarahan biasanya lebih hebat. Hal ini akibat pembuluh darah yang pecah berukuran lebih besar. Biasanya terjadi akibat benturan hebat di wajah ataupun akibat peningkatan tekanan darah. 

Seringkali mimisan berlangsung spontan, sehingga tidak diketahui penyebab pastinya. Namun berikut hal-hal yang mungkin menjadi penyebab mimisan:

  • Pembuluh darah yang sensitif terhadap udara panas, dingin, ataupun kering
  • Mengupil atau menggosok bagian dalam hidung terlalu keras
  • Membuang ingus terlalu kencang
  • Cedera hidung
  • Alergi atau asupan obat yang dapat mengeringkan bagian dalam hidung
  • Infeksi sinus
  • Gangguan pembekuan darah. Untuk kondisi ini biasanya disertai dengan gejala lain seperti apabila terluka perdarahan sukar berhenti, muncul bintik bintik merah ataupun lebam diseluruh tubuh.
  • Demam. Peningkatan suhu tubuh juga membuat pembuluh darah sensitif. Apabila disertai dengan demam kurang dari 7 hari, bintik-bintik merah, BAB kehitaman, ataupun gusi berdarah, patut dicurigai adanya Demam Berdarah.

Lalu bagaimana cara mengatasi mimisan?

Berikut yang dapat dilakukan untuk penanganan awal:

  1. Posisikan tubuh duduk tegak dan condong ke depan. Hal ini untuk mencegah terjadinya tersedak akibat darah yang dapat mengalir lewat hidung bagian belakang dan masuk ke paru-paru. Tekanan pada pembuluh darah akan berkurang sehingga membantu menghentikan perdarahan.
  2. Jika anda merasa ada darah dalam mulut segera buang.
  3. Tekan ujung depan tulang hidung Anda menggunakan ibu jari dan telunjuk anda selama 10 menit.
  4. Terdapat banyak pembuluh darah disekitar daerah tersebut. Menekannya dapat membantu menghentikan perdarahan. Saat melakukan ini bernafaslah melalui mulut.
  5. Kompres dingin pada hidung.
  6. Kompres dingin membantu penyempitan pembuluh darah. Hal ini akan mempercepat hentinya mimisan.

Namun apabila mimisan tidak kunjung berhenti ataupun disertai dengan nyeri kepala hebat, segera ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan pengobatan.

Semoga jawaban yang diberikan dapat membantu.

Salam sehat,

dr. Annissa Fadila

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hemofilia adalah kelainan perdarahan yang bersifat genetik dan menyebabkan darah sulit membeku

Darah Tak Kunjung Berhenti Saat Terluka? Waspadai Gejala Hemofilia

Hemofilia adalah kelainan perdarahan yang bersifat genetik dan menyebabkan darah sulit membeku. Selain faktor keturunan, hemofilia dapat disebabkan oleh kanker, penyakit tertentu, dan kondisi autoimun.