Apakah gejala yang timbul adalah milk blister?

DC Info Penanya: DC, Wanita, 33 Tahun
Dok..milk blister apakah bisa timbul pada ibu yg sudah berhenti menyusui?karena di payudara saya timbul spt jerawat di puting dan memiliki ciri seperti milk blister namun saya sudah stop menyusui 1 tahun yg lalu..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DC,

Adanya ruam pada kulit di payudara adalah gejala yang bisa timbul akibat beragam hal seperti bisa timbul karena reaksi alergi, infeksi kulit, peradangan kulit, milk blister dan lainnya. Milk blister bisa terjadi pada area payudara yaitu di area areola mammae atau area sekitar puting. Hal ini terjadi karena penumpukan ASI dan menekan puting.

Jadi jika sudah berhenti menyusui, bisa timbul karena penyebab lain seperti misalnya ada infeksi kulit di area payudara, reaksi alergi, ataupun penyebab lainnya. Untuk itu hindari memecahkan bintil atau ruam yang timbul. Upayakan tetap kering dan bersih, gunakan bra yang nyaman dan jaga kebersihannya.

Periksakan pada dokter atau dokter spesialis kulit untuk memastikan kondisi yang timbul agar diberikan penanganan yang tepat. Sementara bisa mengompres bagian yang timbul bintil dengan kompres hangat dan kering kan setelahnya. Jika timbul rasa nyeri dan pecah bisa konsumsi paracetamol untuk meredakan nyerinya dan tutup menggunakan kassa steril. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tak perlu cara rumit untuk mempertahankan kulit tetap awet muda.

Cara Awet Muda Alami yang Wajib Anda Ketahui

Selain pil, tonik, dan berbagai perawatan di klinik kecantikan, ada langkah-langkah alami yang bisa Anda coba untuk tetap awet muda. Mulai dari mengonsumsi buah beri, hingga menjalankan meditasi, yang tak membutuhkan tindakan medis.